Surah Al-Ma'idah Ayat 60 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah ayat 60 mengemukakan pengertian tentang orang-orang yang menjalankan perbuatan fasik. Dia memberi contoh perbandingan orang...

Surah Al-Ma'idah Ayat 60

Surah Al-Ma'idah ayat 60 mengemukakan pengertian tentang orang-orang yang menjalankan perbuatan fasik. Dia memberi contoh perbandingan orang yang melakukan perbuatan fasik dengan orang yang lebih buruk darinya sebagai balasan di mata Allah. Ayat ini menggambarkan bahwa orang yang lebih buruk dari orang-orang yang melakukan fasik ialah mereka yang dilaknat atau dimurkai Allah, yang dijadikan kera dan babi dan yang menyembah thaghut.


Ini menunjukkan betapa jahatnya perbuatan mereka yang menyembah thaghut, dan juga betapa beratnya balasan yang diterima oleh mereka dari Allah. Meskipun mereka melakukan perbuatan-perbuatan yang merusak dan keji, namun hal tersebut tidak berkompetisi dengan mereka yang menyembah thaghut, yang tentu saja lebih keji dan jahat.


Ini menegaskan kepada kita bahwa seseorang yang melakukan perbuatan-perbuatan yang merampas Hak Tuhan tidak akan mendapatkan balasan yang lebih berat dari Allah daripada seseorang yang menyembah thaghut. Hal ini bertujuan untuk memberi peringatan kepada semua orang agar tidak mau berbuat fasik atau berbuat sesuatu yang dapat merampas Hak Allah. Sebagai orang-orang beriman kita harus berhati-hati dan senantiasa berpegang teguh pada agama kita agar berada di jalan yang lurus.


Kesimpulannya dapat disimpulkan bahwa Surah Al-Ma'idah ayat 60 merupakan pengingat kepada kita akan pentingnya beragama. Melakukan perbuatan-perbuatan buruk memang tidak baik, tetapi menyembah thaghut adalah bahan yang lebih jahat dan berat di mata Allah. Oleh karena itu, semua orang diharapkan untuk berhati-hati dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan berdoa agar dijauhkan dari perbuatan-perbuatan yang merampas Hak-Nya dan mendekati jalan yang lurus serta berbuat kebajikan.