Surah Al-Anfal Ayat 60 - QuranWeb

terms: Surah Al-Anfal dalam Al-Quran adalah surah yang menjelaskan tentang perang saif yang dialami oleh orang-orang Islam di Madinah. Surah ini be...

Surah Al-Anfal Ayat 60

Surah Al-Anfal dalam Al-Quran adalah surah yang menjelaskan tentang perang saif yang dialami oleh orang-orang Islam di Madinah. Surah ini berisi pesan yang relevan untuk umat manusia hari ini, di antaranya, ayat 60 yang berbunyi: "Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kamu miliki dan dari pasukan berkuda yang dapat menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; tetapi Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu infakkan di jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dizalimi (dirugikan)."


Ayat ini mengajarkan pada umat manusia bahwa Allah akan memberi balasan yang adil atas semua usaha yang dilakukan untuk menghadapi musuh-musuh Allah. Allah mengingatkan pada umat manusia bahwa mereka harus berusaha untuk menghadapi musuh Allah dengan segala kemampuan dan modal yang dimiliki, dengan bantuan pasukan berkuda sebagai maksud untuk membuat musuh Allah gentar.


Ayat ini juga mengingatkan kepada umat manusia bahwa semua usaha yang dilakukan di jalan Allah tidaklah sia-sia. Allah memberikan janji kepada umat manusia bahwa semua apa yang dikorbankan di jalan Allah, pasti akan dibalas dengan sepadan. Umat manusia tidak akan mengalami kerugian apapun ketika mereka menempuh kebaikan dan menyebarkan agama Allah.


Selain itu, ayat tersebut juga mengajarkan kepada manusia bahwa kita tidak boleh berputus asa. Meskipun musuh Allah tidak dapat kita lihat, Allah masih melihat mereka. Dengan kata lain, perjuangan melawan musuh Allah harus terus dilakukan dan tidak boleh menyerah, karena kita tahu bahwa Allah selalu memperhatikan dan mendengarkan doa dan permohonan kita.


Kesimpulannya, ayat ke-60 dalam surah Al-Anfal adalah pesan yang penting untuk umat manusia. Pesan ini memerintahkan umat manusia untuk berjuang dengan segala kemampuan dan menghadapi musuh Allah dengan pasukan berkuda. Allah juga menjanjikan bahwa semua yang dikorbankan atas nama-Nya akan dibalas secara adil dan tidak akan dirugikan.