Surah Al-Ma'idah Ayat 81 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah adalah surah nomor 5 dalam Al-Quran. Membicarakan tentang masalah bersahabat dengan orang-orang musyrik, surah ini merupaka...

Surah Al-Ma'idah Ayat 81

Surah Al-Ma'idah adalah surah nomor 5 dalam Al-Quran. Membicarakan tentang masalah bersahabat dengan orang-orang musyrik, surah ini merupakan peringatan dan pengingatan penting dari Allah SWT kepada kita untuk berhati-hati dalam hal berbaur dengan orang yang menyimpang dari agama Islam.


Ayat 81 dari surah Al-Ma'idah berbicara tentang berbagai cara agar manusia dapat tinggal jauh dari organisasi dan orang-orang musyrik yang tidak dianjurkan. Bagaimana wujudnya? Allah SWT mencela dan melarang manusia untuk bersahabat dengan orang-orang kafir, karena ini adalah sesuatu yang bertentangan dengan ajaran Islam dan menghalangi manusia dari beriman kepada Allah SWT, Rasulullah SAW dan Alquran.


Kata “beriman” mengacu kepada tindakan yang menunjukkan ketaatan, penghormatan, dan kecintaan kepada cinta Allah dan Rasul dan hanya melakukan apa yang ditetapkan Allah dan Rasul-Nya. Allah SWT mengingatkan kepada umat Islam bahwa mereka harus berhati-hati dan waspada terhadap orang-orang kafir. Mereka juga tidak boleh percaya kepada orang-orang kafir, karena orang kafir memiliki niat yang buruk dan tidak baik kepada umat Islam.


Selain itu, ayat juga menyebutkan bahwa "fasik" adalah orang-orang yang praktik kejahatan dan melakukan sesuatu yang tidak senonoh. Mereka lupa akan ibadah dan tunduk kepada manusia bersamaan dengan Allah Pemilik keagungan, keberkahan, dan kehidupan yang bahagia.


Khususnya, ayat ini mengingatkan umat Islam bahwa mereka harus berhati-hati terhadap praktik yang salah dan tidak menjadikan orang-orang musyrik sebagai teman setia. Umat Islam harus memperingatkan sesama mereka dan mengingatkan bahwa munafik akan mencari kesalahan dan keburukan dan orang yang buruk sifatnya akan menyakiti mereka. Setiap umat Islam harus meneladani Rasulullah SAW dan membuat Al quran sebagai pedoman untuk hidup.


Kesimpulannya, Allah SWT telah mengingatkan kita tentang bahaya berteman dengan orang-orang yang musyrik dalam ayat ini. Ini adalah sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai Pemeliharaan Allah dan membuat orang rentan untuk terjerumus dalam kemaksiatan. Oleh karena itu, ia menekankan kembali bahwa umat Islam harus berhati-hati dan tidak berakhir sebagai teman setia yang mengikuti orang-orang fasik dan orang-orang musyrik.