Surah Al-Anfal Ayat 73 - QuranWeb

terms: Surat Al-Anfal merupakan surat ke-8 yang terdapat di dalam Al-Quran. Yakni menggambarkan tentang Peperangan Badar (perang antara Nabi Muhamm...

Surah Al-Anfal Ayat 73

Surat Al-Anfal merupakan surat ke-8 yang terdapat di dalam Al-Quran. Yakni menggambarkan tentang Peperangan Badar (perang antara Nabi Muhammad saw dan Kuffar di Badar). Beberapa ayat yang terdapat dalam surat Al-Anfal berisi pasal tentang disiplin dan moral dalam bentuk perang yang lebih landskapnya.


Ayat 73 Surat Al-Anfal juga menjelaskan tentang sebuah perintah Allah swt agar orang-orang yang beriman saling melindungi. Dalam ayat tersebut, Allah swt memerintahkan para mukmin untuk tetap saling melindungi baik dalam masa damai maupun dalam situasi perang. Menurut Al-Quran, saling melindungi merupakan akhlak mulia yang wajib dilaksanakan oleh para mukmin.


Sebenarnya dalam ayat tersebut Allah swt telah mengutuk orang yang tidak melindungi sesamanya yang beriman. Dengan mengingatkan hadanhta dari Allah swt, maka dalam situasi damai, dimana tidak ada kengerian peperangan, para mukmin harus tetap saling melindungi. Allah swt mengingatkan kepada kita bahwa melindungi sesama mukmin adalah tanggung jawab yang luhur yang harus dilaksanakan oleh semua orang yang beriman.


Selain itu, Allah juga mengingatkan dalam ayat tersebut bahwa jika kita tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan-Nya, maka akan terjadi kekacauan di bumi dan kerusakan yang besar. Ini dikarenakan tidak adanya asas saling melindungi dalam masyarakat, sehingga akan terjadi anarki diantara sesama manusia. Oleh karena itu, adalah penting bagi kita untuk selalu melaksanakan perintah Allah, yaitu saling melindungi.


Untuk menghindari kekacauan dan kerusakan yang besar, para mukmin harus bersatu dan saling melindungi satu sama lain. Musuh-musuh akan berada di luar dan dicurigai, dan orang-orang yang beriman tidak boleh mempersamakannya satu sama lain dan harus bereaksi terhadap mereka.


Selain itu, perintah dalam ayat tersebut bukan hanya untuk orang-orang yang beriman saja, namun untuk semua orang yang tinggal di bumi, orang-orang yang tidak beriman pun harus saling melindungi. Hal ini penting karena persatuan yang terjadi antara orang-orang yang beriman dan yang tidak beriman akan menjadi salah satu alasan mengurangi kekacauan yang terjadi di bumi. Jadi, jika masyarakat tersebut menghormati saling melindungi yang sudah diperintahkan oleh Allah swt, kemungkinan besar akan meminimalkan jejak kerusakan yang akan terjadi.


Kesimpulannya, Allah swt mengingatkan para mukmin untuk melaksanakan perintah-Nya dalam ayat 73 surat Al-Anfal untuk saling melindungi. Hal ini penting untuk bisa menciptakan kondisi yang aman dan damai di bumi dan untuk mencegah terjadinya kekacauan dan kerusakan yang besar. Tidak hanya orang-orang yang beriman saja, namun orang-orang yang tidak beriman pun harus saling melindungi dan bersatu menjadi satu. Dengan menjalankan perintah Allah, kemungkinan besar masyarakat dunia akan tetap damai dan tentram.