Surah Al-Anfal Ayat 72 - QuranWeb

terms: Surah Al-Anfal ayat 72 mengandung pelajaran khas mengenai bagaimana orang-orang beriman harus saling melindungi dan membantu antara satu sam...

Surah Al-Anfal Ayat 72

Surah Al-Anfal ayat 72 mengandung pelajaran khas mengenai bagaimana orang-orang beriman harus saling melindungi dan membantu antara satu sama lain. Pelajaran ini dipertegas dengan langkah-langkah dalam ayat tersebut yang membedakan antara orang-orang beriman yang telah berhijrah, orang-orang beriman yang belum berhijrah, dan orang-orang non-beriman.


Pertama, orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah, bersama denga orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), menjadi satu sama lain saling melindungi. Ini adalah ilustrasi tentang bagaimana umat Islam harus saling memaafkan dan membantu satu sama lain. Dalam mencapai kesejahteraan dan kemuliaan, sesama muslim harus saling melengkapi dan membantu satu sama lain. Umat Islam juga diharapkan untuk saling menghargai, mensyukuri, dan menghargai potensi yang dimiliki sesama muslim. Dengan begitu, umat Islam akan mencapai keharmonisan dan menjadi salah satu yang paling bersatu di antara semua kelompok agama lainnya.


Kedua, untuk orang-orang yang beriman namun belum berhijrah, Allah tidak bersumpah bahwa orang-orang beriman itu harus melindungi mereka. Tentu saja, bagi orang beriman, menolong sesama adalah adalahh suatu keharusan. Tapi, pada saat yang sama, orang beriman juga harus memahami bahwa saat mereka belum berhijrah atau belum siap untuk melakukan hal yang sama dengan mereka, mereka tidak perlu dipaksa oleh orang-orang beriman untuk melakukannya. Ini berlaku juga dari segi agama dan moralitas. Setiap orang harus diberi kesempatan untuk menentukan arah kehidupan mereka sendiri.


Ketiga, orang-orang yang beriman harus memberikan bantuan dan perlindungan agama kepada mereka yang meminta tolong. Bagaimanapun juga, itu adalah tanggung jawab individu untuk menyebarkan agama dan berkontribusi terhadap pemberian ajaran agama dan moralitas. Namun, jika mereka berada dalam kesepakatan pakatan dengan seseorang atau kumpulan orang, orang-orang beriman tidak diharuskan untuk membantu mereka.


Oleh karena itu, Surah Al-Anfal Ayat 72 adalah suatu pelajaran yang sangat penting bagi komunitas Islam. Apabila tiba saatnya, umat Islam seharusnya berbondong-bondong saling melindungi dan membantu sesama. Jika orang beriman telah meninggalkan komunitas mereka dan berhijrah ke tempat lain, orang-orang beriman harus siap membantu dan menolong mereka. Tetapi juga penting untuk diingat bahwa mereka harus membedakan antara yang berhijrah dan yang belum berhijrah, sehingga mereka dapat melindungi dan membantu yang satu dengan yang lain dengan cara yang tepat. Lepas dari itu semua, Allah sentiasa melihat dan mencatat setiap perbuatan seseorang. Oleh itu, umat Islam harus senantiasa bersembahyang dan berusaha melakukan amal yang baik untuk mendapatkan keredhaan Allah.