Surah Al-Anfal Ayat 65 - QuranWeb

terms: Surah Al-Anfal ayat 65 merupakan salah satu ayat dari Al-Quran yang menyebutkan tentang kelebihan jiwa muksmin dalam berperang. Dalam ayat i...

Surah Al-Anfal Ayat 65

Surah Al-Anfal ayat 65 merupakan salah satu ayat dari Al-Quran yang menyebutkan tentang kelebihan jiwa muksmin dalam berperang. Dalam ayat ini Allah memberikan sebuah pesan dan pengajaran yang sangat penting kepada nabi Muhammad SAW, yaitu untuk membangkitkan semangat para muksmin agar berperang.


Allah memberi contoh dari banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh jiwa muksmin yang siap untuk berjuang, dimana Allah menegaskan bahwa jika ada dua puluh orang muksmin yang bersabar, mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Demikian juga jika ada seratus kesabaran muksmin, mereka akan dapat mengalahkan seribu orang orang musuh.


Ayat ini juga menekankan betapa berharganya kesabaran dalam menghadapi musuh. Disebutkan bahwa dengan adanya kesabaran, otomatis akan ada kekuatan, dan kepemimpinan yang baik dari para mukmin yang terlibat dalam peperangan.


Penekanan khusus pula diberikan pada para musuh, yaitu orang-orang kafir yang dikatakan oleh Allah dalam ayat tersebut, bahwa mereka adalah kaum yang tidak mengerti. Ini menekankan bahwa ketegasan para mukmin harus lebih diutamakan dalam berperang, dan juga agar jangan mudah jatuh ke dalam godaan (fitnah) dari musuh yang tidak bertanggung jawab.


Surah Al-Anfal ayat 65 merupakan sebuah ayat yang kemudian dapat dimaknai oleh para ahli tafsir Al-Quran sebagai sebuah pelajaran tentang kekuatan jiwa para Muksmin dan betapa berharganya kesabaran dalam berjuang. Sehingga dengan adanya semua itu, maka manusia pun akan selalu berusaha satu sama lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Ini adalah salah satu makna yang sebenarnya di dalam ayat ini.