Surah Al-Ma'idah Ayat 85 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma’idah ayat 85 membicarakan mengenai ucapan dari orang-orang yang beriman. Mereka membaca sebuah janji Allah yaitu tentang ada sur...

Surah Al-Ma'idah Ayat 85

Surah Al-Ma’idah ayat 85 membicarakan mengenai ucapan dari orang-orang yang beriman. Mereka membaca sebuah janji Allah yaitu tentang ada surga dan sungai-sungai yang mengalir (Surah Al-Ma’idah, ayat 74). Karena itu, mereka pun berucap dengan jalan mereka berkata: “Ya Tuhan kami, izinkanlah kami masuk ke dalam surga-Mu yang manakah Engkau anugerahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.” Setelah itu, Allah pun memberi pahala kepada mereka yang mengucapkan hal tersebut.


Surga merupakan tempat dimana jaminan kebahagiaan dan ketenangan selamanya. Umat manusia dalam pekara kasih sayang pun pasti ingin menggapai suatu hari nanti akan menjadi tempat bermukim dan surga menjadi salah satu bekal dalam hidup tersebut. Pahala yang diberikan Allah adalah dimasukannya orang-orang yang melafalkan doa atau mengucapkan ucapan yang diteriakkan Allah ke dalam surga itu.


Surga memiliki sungai-sungai mengalir yang dimana dalam surga tersebut ada berbagai jenis keindahan alam yang melimpah, selalu lestari, dan berlimpah. Disebutkan pula bahwa sungai-sungai di surga bukan terbuat dari air, tetapi juga air susu, madu, dan segala macam berkah lainnya. Dari air sungai surga tersebut dapat memberi kenikmatan,tanpa menimbulkan mual, kesakitan dan kemalasan.


Orang-orang yang mendapat pahala atas perkataan yang mereka ucapkan ialah mereka yang berbuat kebaikan. Orang-orang yang berbuat baik adalah mereka yang dengan sebenar-benarnya mencintai Allah, melakukan keadilan dan berbakti kepada sesamanya. Mereka menyebarkan cinta, bersikap ramah dan didukung oleh sifat saleh yang luhur seperti kerendah hatian, taat, yakin dan sabar.


Emosi yang menyertai mengucapkan doa adalah sebuah kepuasan dan pahala yang didapat terhadap ucapannya menjadi sebuah sukacita dan mengerahkan berkah untuk Al-Ma’idah ayat 85 telah di simpulkan kepadanya sebagai puncak kemenangan dalam ucapan ketika dia mendengar jawaban dari Allah. Memang tidak semua ucapan diberkati-Nya tetapi orang-orang berbakti melakukan tidak diragukan lagi dapat pengurapan tersendiri dengan Allah.


Kesimpulan yang dapat ditarik dari Surah Al-Ma'idah ayat 85 ini ialah mengingatkan kepada kita untuk selalu menanamkan sifat saleh yang luhur dalam diri kita sehingga kita akan mendapatkan pengalaman bersama Tuhan dan mendapatkan pahala atas ucapan yang kita ucapkan. Semoga Allah memberkati kita semua dengan pahala yang menggembirakan yang dijanjikan di surga-Nya. Amin.