Surah Al-Ma'idah Ayat 86 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma’idah ayat 86 mengisyaratkan tentang orang-orang yang tidak beriman dan mendustakan ayat-ayat Allah SWT. Surah Al-Ma’idah ayat 86...

Surah Al-Ma'idah Ayat 86

Surah Al-Ma’idah ayat 86 mengisyaratkan tentang orang-orang yang tidak beriman dan mendustakan ayat-ayat Allah SWT. Surah Al-Ma’idah ayat 86 dalam Al Quran menyatakan bahwa orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Allah SWT, mereka itulah penghuni neraka.


Di zaman modern ini, banyak orang yang berpandangan bahwa orang yang tidak percaya atau tidak sepakat dengan ayat-ayat Al Quran tidak akan dihukum oleh Allah SWT. Namun, makna dari ayat Al-Ma'idah ayat 86 secara khusus menyatakan bahwa orang-orang yang tidak percaya dan mendustakan ayat-ayat Al Quran adalah salah satu bentuk kekafiran yang tentunya akan dihukum oleh Allah SWT.


Melalui Surah Al-Ma'idah ayat 86, Allah SWT mengingatkan kita bahwa orang-orang yang enggan meyakini dan menyatakan rujukan kepada para hamba-Nya, sebagaimana yang terkandung dalam firman-Nya, akan dihukum dengan siksa Neraka. Allah SWT memperingatkan kita semua baik muslim maupun non-muslim, bahwa kita harus patuh dan berbakti kepada-Nya dan menjauhkan diri dari kesesatan.


Kafir di sini mengacu pada tindakan dusta atau ingkar terhadap ayat-ayat Allah SWT. Allah SWT telah menyatakan bahwa mereka yang bertindak dusta atau ingkar terhadap ayat-ayat Quran itu adalah hamba-hamba-Nya yang paling dibenci oleh-Nya. Allah SWT menyatakannya sebagai ancaman sebagai wasiat yang kuat kepada umat-Nya untuk bertindak berdasarkan ayat-ayat-Nya saja dan tidak ingkar atau dusta terhadap-Nya.


Dalam Surah Al-Ma'idah ayat 86, Allah SWT juga menunjukkan kepada kita bahwa orang-orang yang mengingkari dan mencaci-maki ayat-ayat Al Quran tidak akan diterima oleh-Nya. Keingkaran dan melecehkan ayat-ayat Al Quran adalah bukti yang jelas bahwa orang-orang yang melakukannya tidak sejalan dengan nilai-nilai agama.


Kita dituntut untuk selalu tunduk dengan perintah Allah SWT, berpegang teguh dengan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran, dan tetap setia kepada Allah SWT. Kita semua harus selalu mengingat bahwa akhir yang bertentangan dengan hukum dan perintah Allah SWT adalah penghuni neraka.


Kesimpulannya, Surah Al-Ma'idah ayat 86 mengingatkan dan memberi peringatan kepada umat manusia bahwa orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Allah SWT, mereka itulah penghuni neraka. Dengan kata lain, penyangkalan dan mencaci-maki ayat-ayat Al Quran tidak akan diterima oleh Allah SWT. Oleh karena itu, kita semua harus berusaha untuk menghormati dan menaati segala peraturan dan takwa dalam Al Quran untuk menjadi hamba yang diterima Allah SWT.