Surah Al-Ma'idah Ayat 83 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah Ayat 83 merupakan suatu ayat yang sangat penting dalam Al-Quran. Ia bercerita mengenai respon orang-orang yang mendengar ay...

Surah Al-Ma'idah Ayat 83

Surah Al-Ma'idah Ayat 83 merupakan suatu ayat yang sangat penting dalam Al-Quran. Ia bercerita mengenai respon orang-orang yang mendengar ayat-ayat Al-Quran yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. Apabila mereka mendengar aya-aya yang terdapat didalam Al-Quran, mata mereka menjadi penuh dengan air mata disebabkan kebenaran yang telah mereka ketahui dari kitab-kitab sebelumnya, dan mereka merayu kepada Allah untuk dimasukkan dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi kebenaran Al-Quran.


Ayat ini menjadi petunjuk untuk orang-orang yang ingin mengenal kebenaran akan Allah. Dengan mendengarkan ayat-ayat Al-Quran, mereka dapat merasakan kebenaran yang disampaikan. Melalui ayat ini, kita dapat melihat bahwa orang-orang itu telah mengenal kebenaran akan Allah dari kitab-kitab sebelumnya. Terlebih lagi, merespon itu mereka menangis. Menangis disini bisa mencakup berbagai kerinduan yang mereka miliki akan Allah selama ini; karena pada saat itu, mereka berada di hadapan Tuhan mereka, dan mereka mengetahui bahwa mereka sekarang dihadapkan dengan kebenaran.


Ayat ini memberi kita pesan yang amat penting, yaitu bahwa jika kita benar-benar ingin memahami akan kebenaran, kita harus dapat mendengarkan ayat-ayat Al-Quran, agar kita dapat merasakan dan mengetahui kebenaran yang ada. Selain itu, kita juga diperintahkan untuk memohon kepada Allah semoga kita dijadikan salah satu dari orang-orang yang menjadi saksi kebenaran Al-Quran dan kenabian Nabi Muhammad SAW. Ketika kita mengucapkan permohonan itu, kita harus bersedia mengikuti prinsip-prinsip yang terdapat dalam Al-Quran.


Kesimpulannya, Surah Al-Ma'idah Ayat 83 berkaitan erat dengan kebenaran akan Tuhan. Ayat ini mengingatkan kepada kita bahwa jika kita ingin mengetahui kebenaran lebih dalam lagi, kita harus berulas untuk mendengarkan ayat-ayat Al-Quran, kemudian kita memohon kepada Allah semoga kita dijadikan salah satu dari orang-orang yang menjadi saksi atas kebenaran Al-Quran dan kenabian Nabi Muhammad SAW.