Surah Al-Ma'idah Ayat 79 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma’idah merupakan salah satu surah di dalam Al-Quran yang berisi ayat-ayat yang mengajak kaum muslimin untuk menjadi manusia yang b...

Surah Al-Ma'idah Ayat 79

Surah Al-Ma’idah merupakan salah satu surah di dalam Al-Quran yang berisi ayat-ayat yang mengajak kaum muslimin untuk menjadi manusia yang berbenar. Surat ini terdiri dari 120 ayat dan termasuk dalam juz ke-5. Salah satu ayat yang terdapat dalam surat Al-Ma’idah adalah ayat ke-79. Disebutkan bahwa orang-orang yang beriman tidak saling mencegah perbuatan mungkar yang selalu mereka lakukan.


Yang dimaksud dengan “perbuatan mungkar” dalam ayat tersebut adalah semua perbuatan buruk yang dapat merugikan diri manusia sendiri. Seperti halnya orang-orang yang mengabaikan perintah Allah ataupun orang-orang yang melakukan tindakan negatif yang dapat merugikan orang lain.


Islam mengajarkan kepada umatnya untuk berhati-hati dalam melakukan suatu tindakan atau perbuatan yang dapat berdampak buruk bagi dirinya maupun orang lain. Berdasarkan ayat tersebut, seharusnya kaum muslimin saling menasihati dan mengingatkan satu sama lain untuk menjauhi berbuat mungkar ataupun melakukan sesuatu yang dapat merugikan diri mereka sendiri.


Hal ini ditegaskan juga oleh Nabi Muhammad saw. Dalam sebuah hadits beliau bersabda, "Aku sampaikan kepadamu instruksi dari Allah ta’ala kepada kalian. Jadikanlah allah sebagai wasilahmu (utusan), Bela lah saudaramu yang fakir, janganlah sekali-kali kalian saling menghalangi kebaikan dan saling mengajak untuk melakukan maksiat.


Menurut Al-Quran, orang-orang yang beriman anggap dosa sebagai sesuatu yang tercela. Oleh karena itu, orang-orang beriman diharapkan saling memperingatkan satu sama lain agar senantiasa menjauhi dosa; baik itu dosa yang besar maupun dosa yang kecil. Dengan demikian, mereka tidak akan saling mencegah dari melakukan perbuatan mungkar yang sangat buruk.


Selanjutnya, Al-Quran juga mengingatkan umat manusia untuk senantiasa berlaku adil pada diri sendiri maupun orang lain, serta menjauhi semua bentuk gelap gulita. Kata Yusuf Al-Qa’d : “Dan janganlah kamu tergoda untuk berlaku zalim, sedangkan kamu tahu (bahwa zalim itu tercela)” (Qs. Hud 11:85). Dengan demikian, kaum muslimin dapat melaksanakan segala perintah dan larangan yang dianjurkan oleh Allah dalam Al-Quran.


Surat Al-Ma’idah ayat 79 mengingatkan kaum muslimin tentang pentingnya untuk menjaga dan memelihara tindakan dan perilaku mereka agar tidak menyebabkan kerugian diri maupun orang lain. Mereka berada di dalam keadaan apa pun, mereka tidak boleh saling mencegah dengan melakukan semua bentuk perbuatan mungkar yang buruk. Justru, seharusnya mereka saling menasihati dan berhati-hati dalam berbuat, karena tidak ada yang lebih berharga daripada pelaksanaan agama Islam dengan benar dan jujur.