Surah Al-Ma'idah Ayat 78 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah ayat 78 membahas tentang laknat yang ditujukan pada orang-orang kafir Bani Israil oleh Nabi Dawud dan Nabi Isa putra Maryam...

Surah Al-Ma'idah Ayat 78

Surah Al-Ma'idah ayat 78 membahas tentang laknat yang ditujukan pada orang-orang kafir Bani Israil oleh Nabi Dawud dan Nabi Isa putra Maryam. Di dalam ayat ini disebutkan bahwa laknat tersebut disebabkan oleh pelanggaran dan penyalahgunaan hak yang dilakukan oleh orang-orang kafir Bani Israil.


Kata "durhaka" (arab: ظلم) yang digunakan di dalam ayat ini merujuk pada pelanggaran atau penyalahgunaan hak yang dilakukan oleh orang-orang kafir Bani Israil. Pelanggaran hak di antaranya adalah menganiaya orang lain tanpa alasan yang jelas dan mendapatkan hak yang tidak seharusnya mereka miliki. Mereka juga melakukan perbuatan kriminal lainnya di antaranya pembunuhan, perampokan, berjudi dan masih banyak lagi.


Kata "selalu melampaui batas" (arab: يطعنون), juga digunakan di dalam ayat ini, dapat dimaknai sebagai pelanggaran hak dan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah di waktu itu. Maksudnya, orang-orang kafir Bani Israil selalu melakukan pelanggaran hak dan melanggar peraturan yang telah ditetapkan, iman kuno, hukum-hukum Yahudi atau peraturan-peraturan yang lain yang diterapkan di Bani Israil.


Kondisi tersebut menyebabkan Nabi Dawud dan Nabi Isa putra Maryam mengeluarkan laknat terhadap orang-or