Surah Al-Ma'idah Ayat 44 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah Ayat 44 mengingatkan orang-orang tentang pentingnya mengikuti Kitab Taurat yang diturunkan oleh Allah untuk memberikan petu...

Surah Al-Ma'idah Ayat 44

Surah Al-Ma'idah Ayat 44 mengingatkan orang-orang tentang pentingnya mengikuti Kitab Taurat yang diturunkan oleh Allah untuk memberikan petunjuk dan cahaya. Kitab Taurat adalah bukti kuat bagi orang-orang Yahudi dan mendahului lahirnya Al-Qur'an sebagai bukti penyaluran rahmat Allah. Kitab Taurat merupakan bukti untuk para nabi (termasuk Nabi-nabi Musa dan Nabi Dawud), para ulama, dan pendeta untuk berserah diri kepada Allah. Mereka seharusnya memelihara kitab-kitab Allah, termasuk Kitab Taurat, dan menjadi saksi atas kandungannya.


Secara khusus, ayat 44 Surah Al-Ma'idah ingin menegaskan bahwa ayat ayat dalam Kitab Taurat sesungguhnya merupakan ayat-ayat Allah yang tak bisa diperjualbelikan dengan harga yang murah dengan alasan apapun. Siapapun yang tidak melaksanakan peraturan-peraturan yang Allah turunkan melalui Kitab Taurat, sesungguhnya mereka termasuk golongan orang-orang kafir.


Surah Al-ma'idah juga mengingatkan tidak perlu takut terhadap manusia ataupun hukum yang dibuat oleh manusia. Jadi orang-orang Yahudi (dan juga umat Islam) seharusnya menjalankan hukum Allah yang ditetapkan dalam Kitab Taurat tanpa ragu-ragu. Mereka harus selalu sadar bahwa perlakuan mereka terhadap ajaran Allah merupakan faktor yang sangat penting untuk menjadi orang yang beriman.


Kitab Taurat diturunkan untuk memberikan petunjuk dan cahaya untuk kehidupan manusia. Para Nabi dan ulama memelihara kitab-kitab Allah karena Allah memerintahkannya kepada mereka. Dengan mengikuti perintah-Nya, mereka mengikat diri pada kebenaran dan hadir dalam ruangan kebijaksanaan. Siapapun yang tidak menaati ayat-ayat Allah dan peraturannya maka mereka termasuk golongan orang kafir.


Secara keseluruhan, Surah Al-Ma'idah Ayat 44 ingin mengingatkan kepada kita agar selalu menaati peraturan Allah yang tertulis di dalam Kitab Taurat. Kita tidak seharusnya takut terhadap manusia atau hukum-hukum manusia, tetapi meninggalkannya. Kita harus menghormati ayat Allah dan tidak menjualnya dengan harga murah. Kalau kita menaati semua peraturan ini, maka kita akan menjadi orang beriman yang taat kepada Allah.