Surah Al-Ma'idah Ayat 37 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah ayat 37 menguraikan tentang cara azab yang dialami oleh mereka yang telah melakukan dosa sever. Ayat ini sebagian berlaku j...

Surah Al-Ma'idah Ayat 37

Surah Al-Ma'idah ayat 37 menguraikan tentang cara azab yang dialami oleh mereka yang telah melakukan dosa sever. Ayat ini sebagian berlaku juga untuk orang-orang kafir dan orang-orang fasik. Lembaran Alkitab mengungkapkan bahwa Dia telah memperingatkan orang-orang berdosa tentang azab yang berat yang akan mereka alami di neraka.


Ayat ini memberitahukan bahwa orang-orang yang telah berdosa akan menginginkan untuk keluar dari neraka mereka. Namun, berdasarkan Rasulullah Saw, tidak akan ada keluar dari neraka ini.


Secara literal, ada beberapa pemahaman ayat ini yang dapat kita pertimbangkan. Pertama, ada beberapa orang yang mungkin berhasil menemukan jalan keluar dari neraka. Namun, berdasarkan Alquran, hal itu akan mustahil dilakukan.


Kedua, orang-orang yang telah melakukan dosa kuat ini tidak akan mendapatkan keluar dari neraka mereka. Meskipun mereka mencoba untuk menemukan cara keluar mereka akan tetap berada di neraka. Walaupun mereka menginginkan untuk keluar, namun tanpa adanya pengampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala mereka tidak akan dapat keluar dari neraka.


Ketiga, ayat ini juga mengisyaratkan bahwa orang-orang yang telah berdosa ini akan mendapatkan azab yang kekal. Sekali orang-orang telah masuk neraka maka mereka akan dikenai azab yang menyakitkan dan mereka akan tetap di sana sampai kiamat datang. Ini merupakan ujian yang sangat berat bagi mereka.


Berdasarkan ayat ini, Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah mengajarkan kepada orang-orang beriman tentang hikmah dalam hidupnya. Allah telah mewajibkan kepada umatnya untuk tidak berbuat dosa dan juga harus menjauhi segala jenis perbuatan dosa seperti kebencian, riya (penyakitan), mendustakan, dll.


Karena Allah merupakan Allah yang adil, Dia telah menjanjikan bahwa Dia akan memberi Balasan yang berat bagi orang-orang yang berdosa. Mereka yang berdosa akan mendapatkan azab yang kekal yang tidak akan pernah berakhir. Ini adalah bentuk dari cinta Allah kepada hamba-Nya karena Dia memberi mereka peringatan untuk menjauhi dosa.


Demikian, Surah Al-Ma'idah ayat 37 menyebutkan tentang mereka yang telah melakukan dosa. Orang-orang ini akan mencoba untuk keluar dari neraka mereka, tetapi mereka tidak akan dapat keluar dari sana. Selain itu, mereka akan mendapatkan azab yang kekal. Dan, ini merupakan salah satu cara Allah mengajarkan hikmah kepada hamba-hambaNya.