Surah Al-Ma'idah Ayat 15 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah ayat 15 adalah salah satu ayat dalam Al-Quran, yang membicarakan tentang datangnya Nabi Muhammad (saw) sebagai pembawa peri...

Surah Al-Ma'idah Ayat 15

Surah Al-Ma'idah ayat 15 adalah salah satu ayat dalam Al-Quran, yang membicarakan tentang datangnya Nabi Muhammad (saw) sebagai pembawa peringatan dari Allah. Ayat ini meminta para Ahli Kitab untuk tunduk kepada ajaran Muhammad (saw). Ayat juga merincikan bahwa Rasulullah telah datang untuk menjelaskan kepada mereka banyak hal dari Al-Kitab - Kitab Suci Yahudi dan Nasrani - yang sudah lama disembunyikan, dan tentu saja, hal yang dibiarkan.


Ayat juga menyebutkan bahwa telah datang kepada Ahli Kitab cahaya dari Allah, yang tentunya dibawa oleh Nabi Muhammad (saw) - ia adalah cahaya hidayah yang membimbing orang-orang ke jalan yang benar. dan Kitab yang menjelaskan. Kitab Suci yang disebut di sini adalah Al-Quran, yang merupakan petunjuk bagi seluruh umat manusia.


Ayat 15 Surah Al-Ma'idah, memberi penekanan kepada kedatangan Nabi Muhammad (saw), sebagai pembawa risalah suci dari Allah. Sebagaimana dikatakan dalam ayat, Nabi Muhammad (saw) sudah datang kepada Ahli Kitab, untuk memberitahu mereka tentang banyak hal dari Kitab yang mereka sembunyikan, dan banyak pula yang dibiarkannya. Ini menunjukkan betapa berharganya perintah-perintah yang dibawanya dan menunjukkan betapa suci isinya. Hal ini juga menunjukkan betapa pentingnya tunduk kepadanya dan aturan-aturan yang diajarkannya.


Ayat ini juga menyebutkan cahaya dari Allah yang datang bersamanya. Cahaya ini adalah cahaya hidayah Allah yang mengarahkan orang-orang kepada jalan yang benar. Cahaya ini juga merinci tentang Kitab yang menjelaskan hal-hal suci yang dibawa oleh Nabi, yang tentunya adalah Al-Quran. Ini juga dianggap sebagai peringatan bagi murid-murid Nabi, bahwa perintah yang diajarkan harus diikuti.


Kesimpulannya, ayat 15 Surah Al-Ma'idah, mempertegas bahwa Rasulullah Muhammad (saw) telah datang kepada Ahli Kitab untuk menyampaikan risalah Allah yang suci. Hal itu termasuk menjelaskan bagaimana Kitab Suci yang sebelumnya disembunyikan dan banyak hal lainnya yang dibiarkannya. Ayat juga menyebutkan bahwa untuk menerima dan mengikuti ajaran Nabi harus didukung dengan cahaya dari Allah yang membimbing dan menunjukkan jalan yang benar. Setelah itu, Kitab Suci yang menjelaskan ini adalah Al-Quran, yang membawa kabar suci tentang agama islam. Dengan demikian, ayat ini secara jelas menunjukkan bagaimana Nabi Muhammad (saw) merupakan pembawa informasi dari Allah untuk membawa umat manusia ke jalan yang benar.