Surah Al-Ma'idah Ayat 120 - QuranWeb

terms: Surah al-Ma’idah ayat 120 membicarakan tentang kerajaan Allah SWT yang meliputi seluruh langit dan bumi, serta apapun yang ada di dalamnya. ...

Surah Al-Ma'idah Ayat 120

Surah al-Ma’idah ayat 120 membicarakan tentang kerajaan Allah SWT yang meliputi seluruh langit dan bumi, serta apapun yang ada di dalamnya. Ayat ini menegaskan bahwa hanya Allah SWT yang paling berhak menguasai dan mengendalikan seluruh alam semesta.


Tidak ada sesuatu pun di alam ini yang Allah SWT tidak menguasainya. Segala sesuatu yang ada di alam raya ini dalam kekuasaan dan dikendalikan oleh Allah SWT. Ini termasuk semua yang ada di langit, bumi dan di dalamnya. Ini meliputi manusia, binatang, tanaman, dan bahkan atom-atom yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. Semuanya adalah milik Allah SWT dan tidak ada yang dapat menantang kekuasaan dan kendali-Nya.


Allah SWT telah menciptakan segala sesuatu; bumi, langit, manusia, binatang, tanaman, dan lainnya. Dengan kata lain, Allah SWT selalu mendominasi seluruh alam semesta, dan semua yang berada di dalamnya. Allah SWT adalah Pemilik kerajaan langit dan bumi dan apa pun yang terkandung di dalamnya.


Ayat ini juga menegaskan bahwa ketika semua kerajaan dan kekuasaan di alam semesta selesai digunakan, maka kerajaan yang paling akhir, yaitu Kerajaan Allah SWT, akan tersisa dan memiliki otoritas untuk mengendalikan segala sesuatu. Dengan kata lain, kerajaan Allah SWT tidak akan pernah musnah.


Meskipun Allah SWT telah menciptakan segala sesuatu, Dia tidak memerlukan bantuan manusia untuk mengendalikan dan menjalankan alam semesta ini. Karena Dia adalah Pengatur dan Mahakuasa atas segala sesuatu, Dia tidak pernah memerlukan bantuan manusia dalam hal apapun.


Kerajaan Allah SWT dalam surah al-Ma’idah ayat 120 merupakan suatu simbol bahwa hanya Allah SWT yang Mahakuasa. Dia pemilik semua sesuatu, dan Dia memiliki kekuasaan untuk mengendalikan seluruh alam semesta. Ini adalah pesan yang disampaikan oleh surah ini tentang kekuasaan dan keagungan Allah SWT.