Surah Al-An'am Ayat 1 - QuranWeb

terms: Surah Al-An’am ayat 1 adalah salah satu ayat dari surah Al-An’am di dalam Al-Qur'an. Ayat ini memuat ungkapan penghormatan dan puji kepada ...

Surah Al-An'am Ayat 1

Surah Al-An’am ayat 1 adalah salah satu ayat dari surah Al-An’am di dalam Al-Qur'an. Ayat ini memuat ungkapan penghormatan dan puji kepada Allah swt. yang Maha Kuasa, yang telah menciptakan langit dan bumi. Pengungkapan ini menunjukkan kepada kita bahwa satu-satunya Tuhan dan pencipta adalah Allah swt. yang Maha Tahu dan Maha Kuasa.


Ayat ini juga mensyaratkan bahwa Allah swt. memberikan karunia nyata yang sama kepda semua manusia yaitu cahaya, gelap, dan terang. Inilah yang disebut kedamaian universal. Kedua bentuk inilah yang melintasi sejarah, dimana sebagian besar agama mengakui bahwa terang dan kegelapan adalah dari Allah swt. Hal ini juga dibuktikan dalam kitab suci adanya orang Yahudi, Kristiani dan Islam.


Tetapi di sisi lain, meskipun Allah swt. telah menunjukkan kasihnya kepada semua manusia melalui cahaya dan kegelapan, orang-orang kafir (orang-orang yang tidak beriman kepada Allah swt.) masih kekurangan ikatan dengan Allah swt. dan mempersekutukan Tuhan dengan melobil berhala dan berdoa pada mereka, dengan mengharapkan pertolongan dari mereka. Padahal, seharusnya mereka mengakui satu-satunya Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dan memberikan karunia kepada manusia dengan menghidupkan mereka dengan cahaya.


Akibat dari perilaku ini adalah menyebabkan orang-orang kafir menjadi sama sekali rusak seperti Allah swt. telah memberitahu berulang kali melalui Al Qur’an. Ini karena tanpa ikatan dengan Allah swt. dan keimanan yang kuat untuk menjadi hamba Allah swt., manusia akan hilang arah dan tujuannya di dunia ini.


Oleh karena itu, pernyataan Surah Al-An'am ayat 1 sangat penting untuk diingat dan dihayati oleh orang-orang beriman. Ungkapan ini mengingatkan kita bahwa hanya Allah swt saja yang berkuasa untuk menciptakan langit dan bumi dan menghidupkan manusia dengan cahaya yang diberikanNya. Selain itu, kekurangan ikatan dengan Allah swt. akan menyebabkan manusia menjadi rusak dan hilang arah. Oleh karena itu, orang-orang beriman harus terus menaati dan mengabdi kepada Allah swt. saja. Ini adalah cara terbaik untuk mencapai keselamatan di dunia dan kehidupan di akhirat.