Surah Al-Ma'idah Ayat 117 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah ayat 117 mengisyaratkan bahwa para Nabi Musa (AS) menyampaikan wahyu yang telah Allah berikan kepadanya yaitu untuk memerin...

Surah Al-Ma'idah Ayat 117

Surah Al-Ma'idah ayat 117 mengisyaratkan bahwa para Nabi Musa (AS) menyampaikan wahyu yang telah Allah berikan kepadanya yaitu untuk memerintahkan orang untuk menyembah Allah sebagai Tuhanku dan Tuhan mereka. Dalam ayat ini juga disebutkan bahwa Nabi Musa (AS) menjadi saksi atas mereka saat dia melakukan itu. Setelah kewafatannya, Dia meminta Allah untuk menjaga mereka dan mengawasi ketika Allah adalah satu-satunya yang Maha Menyaksikan setiap perbuatan manusia.


Ayat ini mengingatkan kita akan pentingnya untuk taat pada perintah Allah dan menghormati para Nabi-Nya. Allah telah mengutus rasul-rasulNYA untuk memberitahukan kepada kita tentang hukum-hukum-Nya dan menyampaikan perintah-Nya. Oleh karena itu, kita harus patuh dan berpegang kepada ajaran yang telah Allah berikan lewat Nabi-Nya. Kita harus ingat bahwa kita bertanggung jawab atas perbuatan kita dan Allah akan selalu menyaksikan dan menghormati setiap tindakan kita. Allah akan menghukum setiap orang yang melanggar hukum-Nya.


Ayat ini juga mengingatkan kita akan kekuasaan Allah. Allah Mahakuasa dan Maha Mengetahui semua hal yang terjadi. Allah tahu semuanya yang kita lakukan dan mengawasi tujuan-tujuan kita. Dia tahu apa yang kita kerjakan dan perkataan kita. Dia tahu bagaimana kita menyembah-Nya dan bagaimana kita menerapkan hukum-Nya. Dia Maha Menyaksikan dan menjaga semua yang Telah Dia janjikan kepada umat-Nya.


Ayat ini juga mengingatkan kita atas kekuatan pengampunan dan kebaikan Allah. Meskipun Allah akan menghukum seseorang yang melanggar hukum, Dia juga dapat memberikan pengampunan dan anugerah bagi mereka yang berusaha melakukan hal yang benar. Kita belum tentu yakin akan siapa yang akan masuk surga atau siapa yang akan masuk neraka. Namun, kita harus percaya bahwa seseorang yang berusaha untuk baik dan mengikuti aturan Allah akan mendapatkan pengampunan dari-Nya.


Dalam ayat ini, kita juga bisa menarik kesimpulan bahwa untuk bisa mendapatkan pengampunan Allah, tidak cukup hanya berdoa dan menjalankan ibadah seperti shalat dan puasa. Kita juga harus hidup dengan cara yang sesuai dengan hukum-hukum Allah. Kita harus mematuhi hukum-Nya dan tidak mencela mereka yang berusaha berbuat kebaikan. Kita harus berupaya mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan segala yang diperintahkan oleh-Nya.


Kesimpulannya, ayat ini mengingatkan kita untuk mematuhi hukum-hukum Allah, tunduk pada perintah para nabi-Nya, dan menerima anugerah dan pengampunan Allah. Semoga kita semua diberikan hidayah dan kekuatan untuk melakukannya. Amin.