Surah Al-Ma'idah Ayat 115 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah ayat 115 adalah ayat yang terdapat dalam Al Qur'an yang menyatakan tentang janji Allah dalam mengujian orang-orang yang ber...

Surah Al-Ma'idah Ayat 115

Surah Al-Ma'idah ayat 115 adalah ayat yang terdapat dalam Al Qur'an yang menyatakan tentang janji Allah dalam mengujian orang-orang yang beriman, yaitu dengan menurunkan hidangan dari surga. Ayat ini menekankan bahwa orang-orang yang tidak beriman kepada Allah akan mendapatkan azab yang sangat berat.


Ayat ini secara eksplisit menyatakan bahwa Allah akan memperlakukan orang-orang yang beriman dan tidak beriman secara berbeda. Orang-orang yang beriman dan bertakwa akan menerima pahala yang berlipat kali ganda. Sedangkan orang-orang yang kafir, tidak beriman, dan bersikap lalai akan mendapatkan ganjaran yang sangat berat dan tidak pernah terbayangkan oleh manusia. Dalam ayat ini, Allah juga menegaskan bahwa Dia akan menurunkan hidangan dari surga sebagai suatu perlindungan dan perlengkapan yang diperlukan oleh orang-orang yang beriman untuk menghadapi ujian-ujian yang Allah timpakan kepada mereka.


Ayat ini juga memberikan peringatan yang dahsyat bagi orang-orang yang tidak ingin menerima ajaran islam dan masih mengingkari kenabian Nabi Muhammad SAW. Dengan jelas, ayat ini menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak beriman kepada Islam dan tidak bertakwa kepada Allah akan menerima azab yang keras dari-Nya. Sebaliknya, orang-orang yang percaya dan bertakwa kepada Allah akan menerima pahala berlipat kali ganda dari Allah.


Hal ini merupakan bentuk bukti nyata akan kekuasaan dan adilnya Allah. Dia menegaskan bahwa Dia akan menghukum mana pun yang melanggar hukum-Nya, dan memberkati mana pun yang tunduk dan bertakwa kepada-Nya. Allah ingin agar setiap orang menyadari bahwa Dia telah menghukum orang yang tidak patuh kepada perintah-Nya dan memberkati orang yang mendengarkan dan menaati perintah-Nya.


Ayat ini merupakan simbol pekabaran cinta dan kebenaran dari Allah yang menggunakan kata-kata yang indah dan berkesan. Allah menggunakan simbol-simbol ini untuk mendorong orang-orang beriman untuk tidak mengikuti jalan orang-orang yang enggan tunduk pada-Nya dan mengingatkan orang-orang yang melanggar perintah-Nya akan hukuman yang akan mereka terima.