Surah Al-Ma'idah Ayat 105 - QuranWeb

terms: Ayat ini berasal dari Surat Al-Ma’idah yang merupakan surat ke lima dalam Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kata dalam aya...

Surah Al-Ma'idah Ayat 105

Ayat ini berasal dari Surat Al-Ma’idah yang merupakan surat ke lima dalam Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kata dalam ayat ini memberi tahu kita tentang pentingnya jaga diri kita sendiri. Orang-orang yang beriman dihimbau untuk selalu berjaga-jaga dan mencegah diri dari melakukan sesuatu yang salah. Dengan menjaga diri, Allah akan memudahkan jalan menuju kebaikan dan diridilindungi dari jalan yang salah.


Ayat ini mengingatkan kita tentang kewajiban untuk mengontrol diri dan meninggalkan sikap yang menyimpang dari ajaran agama dan hukum. Kita juga diperintahkan untuk takut kepada Allah, karena setiap tindakan yang mendekati kemungkaran akan berakibat buruk di kehidupan kita sekarang maupun di kehidupan akhirat nanti.


Kita juga disarankan untuk melihat orang lain yang sesat dan menyimpang dari jalan yang benar sebagai contoh buruk. Wajib bagi kita untuk menjauh dan mengikuti jalan yang sesuai dengan Al-Qur'an. Dengan berbuat demikian, kita akan terhindar dari jalan yang salah. Di samping itu, jika kita menjaga dan melindungi diri kita sendiri dari sesuatu yang salah, Allah akan memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita.


Ayat ini juga merangkum bahwa semua manusia akan kembali kepada Allah. Sebelum kembali, Allah akan mengungkapkan kepada kita semua apa yang telah kita lakukan. Oleh karena itu, kita diharapkan untuk menyatukan hati dengan Allah dan melaksanakan segala perintah-Nya, dan jangan biarkan sesuatu yang menyimpang dari segala yang telah Dia ajarkan.


Untuk teks ayat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa semua manusia di perintahkan untuk melindungi diri dari perkara-perkara yang salah. Dengan amanah sebesar itu manusia dituntut untuk percaya kepada Allah dan juga diharapkan untuk patuh kepada setiap perintah-Nya. Ini akan menjamin bahwa manusia dapat memiliki akhirat yang jauh lebih baik. Selain itu, Allah akan menyampaikan semua hal buruk dan baik yang telah kita lakukan, untuk di uji di hari akhir juga. Oleh karena itu, kita sebagai hamba-Nya diharapkan untuk menjalankan apa yang telah diajarkan dengan benar.