Surah An-Nisa' Ayat 81 - QuranWeb

terms: Surah An-Nisa 'Ayat 81 menceritakan tentang perilaku hipokrit yang dimiliki oleh orang-orang munafik di zaman Nabi Muhammad SAW. Mereka berk...

Surah An-Nisa' Ayat 81

Surah An-Nisa 'Ayat 81 menceritakan tentang perilaku hipokrit yang dimiliki oleh orang-orang munafik di zaman Nabi Muhammad SAW. Mereka berkata bahwa mereka akan taat kepada Nabi Muhammad, tetapi setelah mereka pergi dari hadapan beliau mereka mengedarkan siasat dan berpikiran berbeda. Allah ta'ala mencatat segala siasat mereka di malam hari yang mereka lakukan, lalu Allah memberi peringatan agar manusia menjauhi orang-orang munafik dan bertawakal kepada Allah.


Perilaku orang-orang munafik tersebut menunjukkan keserakahan mereka dan sifat tidak jujur yang dimiliki oleh mereka. Meskipun di hadapan Nabi, mereka menyatakan penaatan dan kepatuhan, mereka sebenarnya mengambil keuntungan dari keadaan dengan menggunakan setiap peluang untuk meningkatkan keuntungan mereka. Bahkan ketika mereka berpikir tentang hal yang berbeda di malam hari, itu menunjukkan ketidakjujuran mereka, dan Allah mencatatnya.


Allah memberikan peringatan agar manusia untuk berpaling dari orang-orang munafik dan bersandar hanya kepada Allah. Manusia harus meyakini bahwa Allah-lah yang paling tahu tentang apa yang terbaik bagi mereka dan mereka perlu meninggalkan kebiasaan mengikuti saran dari orang yang senang berbicara sekalipun.


Peringatan Allah itu juga berlaku untuk saat ini. Melalui ayat ini, Allah mengingatkan manusia agar tidak terjerat oleh orang-orang yang mengambil yang untungnya semata dan menghindari hal yang merugikan. Mereka harus berubah dan memahami bahwa Allah adalah sumber pelindungan yang paling bijaksana. Konsekuensi dari pemenuhan ini adalah bahwa manusia harus mengabaikan siasat, uluran, dan kebijakan yang bertentangan dengan wahyu Allah dan bekerja menurut petunjuk-Nya. Dan pada akhir, mereka akan mendapatkan segala kebajikan dari Allah.


Kesimpulannya, di dalam Surah An-Nisa Ayat 81, Allah memberi peringatan agar manusia menjauhi orang-orang munafik dan bertawakal kepada Allah. Orang-orang munafik telah diperingatkan oleh Allah untuk berubah dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Allah. Manusia juga harus meyakini bahwa Allah adalah sumber pelindungan dan bekerja menurut petunjuk Allah. Di akhir, Allah akan memberikan kebajikan kepada orang-orang yang berlaku jujur dan taat.