Surah An-Nisa' Ayat 73 - QuranWeb

terms: Ayat 73 dalam Surat An-Nisa merupakan salah satu ayat yang menggambarkan sifat Allah yang adil. Allah telah memberikan kekuatan untuk memena...

Surah An-Nisa' Ayat 73

Ayat 73 dalam Surat An-Nisa merupakan salah satu ayat yang menggambarkan sifat Allah yang adil. Allah telah memberikan kekuatan untuk memenangkan peperangan kepada orang-orang yang beriman kepada-Nya dan mentaati hukum-hukum-Nya.


Kata “Karunia” digunakan dalam ayat ini karena Allah memberikan keamanan, kemakmuran, dan kebahagiaan kepada orang-orang yang mendukung-Nya bahkan dalam masa peperangan. Allah juga memberikan karunia bakti yang akan diingat untuk selamanya. Hal ini menunjukkan betapa sempurna Allah dalam semua hal dan menegaskan bahwa Allah adalah jaminan atas kemenangan.


Selain itu, ayat juga memperingatkan umat Islam agar tidak berputus asa dan terus mengingat bahwa mereka diberi janji Allah untuk kemenangan. Allah telah berjanji bahwa Dia akan meraih kemenangan untuk orang-orang yang beriman dan mentaati-Nya. Di samping itu, ayat juga menunjukkan Allah tidak akan pernah lupa pengorbanan para pembela agama-Nya dalam mempertahankan kebenaran.


Ayat ini juga menunjukkan bagaimana Allah tidak akan melupakan pengorbanan para pembela agama-Nya, jika mereka berhasil dalam menanggulangi masalah mereka. Ayat memperingatkan umat Islam bahwa mereka harus bersikap yang wajar jika memperoleh kemenangan dan untuk tidak mengharapkan kredit yang tidak pantas. Allah berfirman : "Dan sekiranya engkau telah mendapatkan kemenangan (dari musuhmu), tentulah mereka berucap: ‘Sekiranya aku ada bersama-sama mereka, tentu aku menjadi salah seorang yang beroleh kemenangan yang agung (pula)’.”.


Kata "agung" dalam ayat ini menandakan sifat Allah yang luar biasa dan kata "Sekiranya" menunjukkan bahwa kemenangan yang mereka terima datang dari Allah. Ini menunjukkan bahwa Allah adalah Pemberi harapan dan keyakinan bahwa kemenangan hanya datang dari Dia.


Kata terakhir dalam ayat berbunyi “Sekiranya aku bersama mereka, tentu aku akan memperoleh kemenangan yang agung (pula).”. Kata ini mengingatkan umat Islam bahwa mereka harus bekerja keras untuk mendapatkan kemenangan dari Allah, dan jika mereka berhasil, maka mereka akan memperoleh kemuliaan dan kehormatan yang besar.


Dalam ayat ini ada juga konsep Tentu, Ajarlah bahwa Allah adalah yang paling baik dalam memberikan kemenangan. Tentu adalah bahwa ketika Allah membersihkan hati kita dengan ketaqwaan-Nya, Hidup kita menjadi lebih mudah dan dipermudah oleh Allah untuk mencapai kemenangan. Ini jelas terlihat dalam ayat ini. Oleh karena itu umat Islam harus selalu mengingat Allah, dan ta'at pada Nya untuk memastikan bahwa kemenangan selalu berada di sisinya.


Kesimpulannya, ayat yang terkandung dalam Surat An-Nisa ayat 73 adalah Allah adalah Pemberi Kebaikan yang memberikan kemenangan kepada orang-orang yang beriman dan mentaati hukum-Nya. Orang yang menerima kemenangan harus tak bersikap sombong, tetapi harus tetap bersyukur dan tidak lupa bahwa kemenangan itu datang dari Allah. Dan, ketika akhirnya mendapatkan kemenangan yang diberikan oleh Allah, mereka harus selalu berterima kasih dan mengingat-Nya.