Surah An-Nisa' Ayat 67 - QuranWeb

terms: Surah An-Nisa’ adalah bagian dari Al-Quran yang berisi tentang ajaran-ajaran tentang kehidupan beragama dan nilai moral. Surat ini juga beri...

Surah An-Nisa' Ayat 67

Surah An-Nisa’ adalah bagian dari Al-Quran yang berisi tentang ajaran-ajaran tentang kehidupan beragama dan nilai moral. Surat ini juga berisi perintah dari Allah SWT bagi manusia untuk menjadi orang-orang yang baik, saling menghormati dan bersikap adil di antara sesamanya. Salah satu ayat dari surat ini berbunyi, “Dan dengan demikian, pasti Kami berikan kepada mereka pahala yang besar dari sisi Kami.”


Ayat ini adalah ayat yang erat dengan ajaran-ajaran Al-Qur'an ini. Inti dari ayat ini adalah penegasan bahwa Allah SWT akan memberikan pahala kepada orang-orang yang ia berikan pengertian dan ketulusan dalam menjalankan perintah-Nya. Ayat ini berkaitan dengan ajaran Al-Qur'an yang menyatakan bahwa orang-orang yang taat kepada Allah SWT dan melakukan kebaikan akan diberi balasan yang besar dari-Nya. Jadi, orang-orang yang melakukan kebaikan tanpa mengharapkan sejumlah keuntungan pribadi, akan diberi pahala yang besar oleh Allah SWT.


Ayat ini juga mengingatkan kita bahwa Allah SWT tidak akan menerima setiap tindakan negatif dari orang-orang yang mengingkari ajarannya. Sebaliknya, Dia akan memberikan balasan sebagai bentuk teguran bagi mereka yang berbuat nusyuz atau tidak menaati perintah-Nya. Konsep ini juga dilekatkan dalam ayat yang menyebutkan tentang "bagian yang tepat" bagi orang-orang berdosa.


Ayat ini juga mengingatkan kita untuk selalu berbuat kebaikan dan tidak mencari antara pahala dengan dosa. Allah SWT tidak berbuat sia-sia -balasan yang baik dijanjikan untuk orang-orang yang ia berikan pengertian, akan selalu dijanjikan. Dengan demikian, kita dihimbau untuk memperkuat keimanan kita, cinta untuk kebenaran, dan menjalankan perintah Allah dengan tulus.


Ketika kita melihat ayat ini lebih dekat, kita dapat melihat bagaimana Allah SWT menunjukkan rahmatnya kepada seluruh anak ciptaanNya. Dalam ayat ini, Allah memerintahkan agar semua manusia melakukan perbuatan baik tanpa mencari balasan atau meminta imbalan dari sisi-Nya. Dengan kata lain, agama Islam ingatkan kita untuk hidup dengan cara yang benar dan sebagai pembelaan akan diberikan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT.


Ayat ini juga memberi semangat kepada orang-orang yang berjuang untuk agama, kerohanian, dan nilai-nilai kemanusiaan. Dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menghormati ajaran Islam, kita dapat berharap mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT di dunia ini maupun akhirat. Jadi, jika kita ingin meraih pahala yang besar dan dihargai oleh Allah, hadapilah hidup dengan kepatuhan dan ketakwaan.