Surah Hud Ayat 66 - QuranWeb

terms: Ayat ini termasuk kedalam ayat-ayat madaniyah dan terdapat dalam surat An-Nahl (ayat 64-106). Ayat ini menceritakan kisah Nabi Saleh dan kau...

Surah Hud Ayat 66

Ayat ini termasuk kedalam ayat-ayat madaniyah dan terdapat dalam surat An-Nahl (ayat 64-106). Ayat ini menceritakan kisah Nabi Saleh dan kaumnya yang diutus oleh Allah untuk beribadah hanya kepada Allah.


Nabi Saleh telah banyak memberikan nasehat kepada kaumnya agar berbuat baik dan tidak melanggar perintah Allah, tetapi kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk mengabaikan perintah-Nya dan menyembah berhala. Akhirnya, Allah mengirimkan bala tentara yang telah ditunjuk-Nya untuk mengajarkan mereka pelajaran.


Pada saat itu, ketika Nabi Saleh dan orang-orang beriman sedang menghadapi ancaman, Allah menyatakan bahwa Dia akan menyelamatkan mereka dan menghindari mereka dari kehinaan dengan rahmat-Nya. Dengan kata lain, Allah bermaksud untuk melindungi Nabi Saleh dan umatnya yang beriman dengan kuasa-Nya yang Maha Perkasa dan Maha Kuat.


Ayat ini menunjukkan bahwa Allah selalu melindungi orang-orang beriman dari ancaman yang dihadapinya. Allah telah berjanji bahwa jika umat-Nya percaya dan bertekat untuk berada di atas jalan yang benar, Dia akan menyiapkan jalan keluar atas setiap masalah dan ancaman yang dihadapi.


Juga, ayat ini menggambarkan sifat keagungan Allah sebagai Mahakuat dan Mahaperkasa. Karena meskipun siapapun menghadapi ancaman yang berarti, Allah adalah Yang Maha Kuat dan Maha Perkasa, yang mampu melindungi umatnya dan menyelamatkan mereka dari segala bahaya.


Ayat ini sekaligus mengingatkan umatnya untuk percaya dan teguh iman serta melakukan ibadah kepada-Nya agar Allah juga dapat melindungi mereka dari siksa yang mungkin datang dari musuh. Maka, jika umatnya ingin meraih kemanfaatan, memperoleh rahmat Allah, dan terhindar dari kehinaan, mereka harus menjaga agar melakukan segala yang diperintahkan-Nya.


Untuk menutup, ayat 66 surat Hud ini menunjukkan bahwa ketika kita menjalankan kewajiban dan perintah Allah, Dia akan menyelamatkan kita dari segala bahaya. Oleh karena itu, percayalah bahwa ketika kita percaya dan bertekun di atas jalan yang benar, Allah akan berada di samping kita dan melindungi kita dari segala bahaya. Allah Mahakuat dan Mahaperkasa.