Surah An-Nisa' Ayat 68 - QuranWeb

terms: SURAH AN-NISA’ AYAT 68

Surah An-Nisa' Ayat 68

SURAH AN-NISA’ AYAT 68


Surah An-Nisa’ ayat 68 merupakan ayat yang terdapat dalam surah keempat Al-Quran yang bernama “Surah An-Nisa”. Ayat ini juga merupakan sebuah pengingat bagi umat manusia semua agar senantiasa menjalankan ibadah dan kewajiban beragama yang ditetapkan oleh Allah. Dalam Ayat ini Allah mengingatkan kepada manusia untuk berpegang pada agama yang lurus dan benar. Allah juga menyatakan bahwa orang-orang yang bertawakal kepada-Nya akan diberikan petunjuk untuk menjalani kehidupan yang lurus.


Ayat ini menerangkan bahwa Allah akan senantiasa memberikan tuntunan terbaik bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan. Allah berfirman, "Dan sungguh Kami akan menunjukkan kepada mereka jalan yang lurus." ini berarti bahwa Allah akan memberikan panduan dan pelajaran yang tepat bagi setiap orang dalam menjalani kehidupan di dunia ini.


Ayat ini juga dipahami sebagai saran bagi setiap orang untuk senantiasa memelihara etika agama dan bersikap lurus terhadap agama. Arti ini juga dapat diartikan sebagai bahwa setiap orang harus menjauhi kesyirikan dan perbuatan maksiat. Mereka harus menempuh jalan yang lurus yang ada di hadapan mereka yaitu beragama dengan baik dan benar.


Ayat ini juga mengingatkan kepada umat manusia bahwa mereka selalu berada dalam pengawasan Allah. Orang-orang yang bertawakal kepada Allah akan dituntunkan dalam berbuat baik sebagaimana yang diinginkan oleh Allah. Ayat ini juga bertujuan agar manusia tidak melakukan perbuatan yang zalim dan tercela.


Ayat ini juga merupakan pengingat bahwa kunci untuk memiliki jalan hidup yang lurus hanyalah berpegang kepada petunjuk yang datangnya dari Allah saja. Penyertaan Roh dan Petunjuk Allahlah yang bisa menuntun kita ke jalan yang lurus. Sehingga kehidupan yang bahagia, dipenuhi dengan rahmat dan karunia-Nya.


Ayat ini juga mengingatkan bahwa kebahagiaan dan kesuksesan hanya akan datang jika kita berpegang teguh pada petunjuk-petunjuk yang ditetapkan oleh Allah. Ketika kita berbuat baik dan bersikap lurus, maka Allah akan memberikan limpahan rahmat-Nya kepada kita. Dengan mendapatkan limpahan berkat dan nikmat dari Allah, maka akan menolong kita untuk mencapai tujuan dan harapan dalam hidup kita.


Demikian, Surah An-Nisa’ ayat 68 mengingatkan kita akan pentingnya berpegang teguh pada agama yang lurus dan benar. Allah akan memberikan tuntunan bagi setiap orang dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Allah akan senantiasa membimbing kita jika kita berusaha untuk menjalankan ibadah dan berfikiran lurus. Sehingga kita akan mendapatkan kebahagiaan, limpahan rahmat dan karunia-Nya.