Surah An-Nisa' Ayat 57 - QuranWeb

terms: Ayat 57 dari surah An Nisa adalah salah satu ayat yang ditujukan oleh Allah SWT kepada umat muslim yang wajib untuk dipercayai dan disebarka...

Surah An-Nisa' Ayat 57

Ayat 57 dari surah An Nisa adalah salah satu ayat yang ditujukan oleh Allah SWT kepada umat muslim yang wajib untuk dipercayai dan disebarkan. Ayat ini mengingatkan kita bahwa hanya orang-orang yang beriman dan berbuat baik yang akan memasuki surga di masa depan.


Dalan surah An-Nisa ayat 57 Allah memberikan penjelasan tentang syurga dan siapa saja yang akan memasukinya. Dimulai dengan firman-Nya: "Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan..." Kata-kata "beriman" disini menggambarkan keinginan seseorang untuk meyakini akan kebenaran agama, termasuk ajaran-ajaran yang diajarkan melalui Al Qur'an. Kata-kata "mengerjakan kebajikan" menunjukkan bahwa orang harus menjalankan tugas seperti yang diperintahkan oleh Allah, yaitu mematuhi semua perintah agama dan menjauhi semua larangan, memperlakukan orang lain dengan adil dan menolong sesama manusia.


Kemudian Allah melanjutkan: "...kelak Kami akan masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai..." Syurga yang disebutkan disini adalah tempat kediaman orang-orang yang beriman dan berbuat baik, yaitu tempat yang paling bahagia di mana orang-orang yang akan mendapatkan segala macam berkah, kenikmatan dan kesenangan. Kata-kata "sungai-sungai" berarti bahwa disana sungai akan mengalir, membuat suasana yang sejuk dan nyaman bagi para penduduknya.


Di lanjutkan dengan: "...mereka kekal di dalamnya selama-lamanya." Hal ini menunjukkan bahwa semua orang yang telah beriman dan berbuat baik akan mendapatkan tempat tinggal selamanya di surga sebagai balasan dari Allah SWT.


Dan Allah menegaskan lagi:" Di sana mereka mempunyai pasangan-pasangan yang suci dan Kami masukkan mereka ke tempat yang teduh lagi nyaman." Kata-kata "suci" dimaksudkan sebagai suami-suami dan istri-istri yang tak terhalang dari noda atau manusia lain yang memiliki akhlak yang salah. Lebih dari itu, mereka akan ditempatkan di tempat yang aman, nyaman dan teduh.


Kesimpulan


Surah An-Nisa ayat 57 memberikan penjelasan tentang siapa saja yang akan memasuki surga. Menurut ayat ini, hanya orang-orang yang beriman dan berbuat baik yang akan diizinkan masuk ke dalamnya. Surga sebagai balasan daripada Allah akan mempunyai sungai yang mengalir di bawahnya, di mana mereka akan tinggal selamanya. Di sana masing-masing orang akan mempunyai pasangan yang suci dan ditempatkan di tempat yang nyaman, teduh.