Surah An-Nisa' Ayat 140 - QuranWeb

terms: Surah An-Nisa' ayat 140 merupakan ayat dalam Al-Qur'an yang memberi kita suatu pelajaran penting. Ayat ini bercerita tentang sikap yang haru...

Surah An-Nisa' Ayat 140

Surah An-Nisa' ayat 140 merupakan ayat dalam Al-Qur'an yang memberi kita suatu pelajaran penting. Ayat ini bercerita tentang sikap yang harus diambil oleh kaum Muslim saat menghadapi orang-orang kafir dan yang mendurhakai ayat-ayat Allah. Allah berfirman,”Dan sungguh, Allah telah menurunkan (ketentuan) bagimu di dalam Kitab (Al-Qur'an) bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari dan diperolok-olokkan (oleh orang-orang kafir), maka janganlah kamu duduk bersama mereka, sebelum mereka memasuki pembicaraan yang lain. Karena (kalau tetap duduk dengan mereka), tentulah kamu serupa dengan mereka. Sungguh, Allah akan mengumpulkan semua orang-orang munafik dan orang-orang kafir di neraka Jahanam.”


Ayat tersebut menjelaskan bahwa Muslim harus menjaga jauh diri dari mereka yang mengingkari dan merendahkan ayat-ayat Allah. Tidak ada alasan bagi mereka untuk mendekati, bercakap-cakap, atau berada dekat dengan orang-orang kafir yang tidak menghormati perintah Tuhan. Akan lebih baik jika mereka menjauh dari mereka dan menggunakan waktu dengan menghabiskan waktu melakukan perbuatan yang boleh diterima Allah.


Paradigma ini harus menjadi pegangan setiap Muslim. Yang penting diingat adalah bahwa ketika Allah telah memberikan perintah untuk berdiam diri dan tidak suka berada bersama orang-orang kafir yang mendustakan-Nya secara terbuka, maka itu merupakan sebuah arahan yang perlu ibadah. Seluruh masalah akan hilang jika mereka setia menaati perintah Tuhan. Dengan cara ini, mereka akan menjaga diri dari fitnah orang-orang kafir.


Dalam ayat tersebut juga, Allah mengabarkan bahwa orang-orang yang bersikap seperti itu tidak akan menjadi seperti mereka yang menolak Ayat-Nya. Allah akan memberikan hukuman yang berat bagi mereka yang melawan-Nya dalam bentuk penghantaran mereka ke neraka Jahanam. Disinilah energinya datang, untuk mengonfirmasi bahwa setiap tindakan akan dibalas sesuai dengan tindakan sebelumnya.


Kesimpulannya, Surah An-Nisa' ayat 140 menuntut umat Muslim untuk menjaga jauh dari orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Allah. Mereka harus menghindari segala bentuk komunikasi dengan orang-orang yang mendustakan Rencana Tuhan. Dengan menaati perintah Allah, umat Islam dapat menjaga persaudaraannya di antara satu sama lain dan menjaga mereka dari siksaan neraka Jahanam. Oleh karena itu, dalam semua kejadian, nekad menarik untuk mengamalkan petunjuk yang disebutkan dalam ayat ini.