Surah An-Nisa' Ayat 14 - QuranWeb

terms: Ayat ini termasuk ayat yang berada dalam Surah An-Nisaa’, yaitu surah keempat dalam Al-Quran yang terdiri dari 176 ayat. Ayat ini berbicara ...

Surah An-Nisa' Ayat 14

Ayat ini termasuk ayat yang berada dalam Surah An-Nisaa’, yaitu surah keempat dalam Al-Quran yang terdiri dari 176 ayat. Ayat ini berbicara tentang hukuma yang Allah (SWT) berikan bagi orang-orang yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, mengabaikan ketetapan-Nya dan berbuat perbuatan yang melampaui batas.


Dalam ayat ini, Allah memberikan hukuman bagi orang-orang yang melanggar hukum-Nya. Allah menyatakan bahwa mereka akan dimasukkan ke dalam api neraka dan mendapat azab yang menghinakan. Ini menunjukkan bahwa Allah adalah Allah yang adil dan sabar, Dia memberikan hukuman yang wajar dan layak bagi orang-orang yang tidak mematuhi hukum-Nya. Hukuman ini diperuntukkan untuk orang-orang yang melanggar tata tertib dan ketentuan yang telah ditetapkan.


Selain itu, ayat ini memberikan peringatan yang jelas kepada semua orang untuk tetap tunduk dan mematuhi hukum Allah dan perintah Rasul-Nya. Orang-orang yang tidak mematuhi hukum Allah dan tidak mengindahkan perintah Rasul-Nya akan mendapat siksaan yang sangat pedih dan berlaku selamanya.


Allah menganjurkan manusia untuk hidup menurut aturan-aturanNya dan patuh kepada perintah-perintahNya. Dia berfirman,"Dan dari sini juga Allah mengajarkan kepada umatmanusia supaya mereka bertakwa kepada-Nya. Ingatlah, orang yang tidak takut akan adzab Allah pasti akan mengalami kekejian yang menyakitkan". (QS Al-Baqarah: 2:193).


Berdasarkan ayat ini, jelaslah bahwa Allah memberikan hukuman yang siksa dan berlaku selamanya bagi orang-orang yang mendurhakai-Nya dan Rasul-Nya. Penghukuman tersebut dianggap layak bagi mereka yang melakukan pelanggaran dan tindakan yang melampaui batas yang Allah telah tetapkan. Oleh karena itu, setiap orang harus patuh dan taat kepada Rasul-Nya dan hukum-hukum Allah - yaitu dengan mentaati ajaran agama Allah dan berpegang teguh pada etika yang Allah telah tetapkan. Allah telah menjanjikan bahwa orang-orang yang menaatiNya akan mendapat pahala yang sesuai, dan diberi kesenangan-Nya di dalam neraka.


Kesimpulannya, ayat ini mengingatkan umat manusia agar tetap tunduk dan patuh kepada hukum Allah dan perintah Rasul-Nya. Orang-orang yang tidak mentaati hukum Allah akan mengalami hukuman yang menghinakan dan berlaku selamanya. Oleh karena itu, setiap orang harus senantiasa menaati Allah dan berpegang teguh pada hukum-Nya.