Surah An-Nisa' Ayat 13 - QuranWeb

terms: Ayat 13 dalam surah An-Nisa' membicarakan tentang pahala yang diberikan Allah kepada mereka yang beribadah setia kepada-Nya. Kata-kata ini m...

Surah An-Nisa' Ayat 13

Ayat 13 dalam surah An-Nisa' membicarakan tentang pahala yang diberikan Allah kepada mereka yang beribadah setia kepada-Nya. Kata-kata ini mengingatkan umat Islam bahwa mereka hanya akan mendapatkan pahala jika mereka taat kepada hukum-hukum Allah.


Kata "batas-batas" dalam ayat ini merujuk kepada perintah-perintah Allah yang wajib dilaksanakan oleh hamba-hamba-Nya. Allah menentukan batas-batas tertentu bagi hamba-hamba-Nya supaya mereka dapat mengikuti perintah-Nya dan mendapatkan pahala yang masyhur.


Kata-kata selanjutnya dalam ayat adalah "taat kepada Allah dan Rasul-Nya". Ini menegaskan kepada umat Islam bahwa hanya mereka yang menaati segala perintah Allah dan Rasul-Nya akan diberikan pahala. Kata-kata ini mengingatkan umat Islam bahwa mereka harus patuh terhadap perintah Allah demi mencapai ukhuwah dengan-Nya.


Selanjutnya Allah berfirman dalam ayat ini bahwa barang siapa taat kepada-Nya dan Rasul-Nya maka mereka akan dipasukkan ke dalam surga yang mengalir di bawah sungai-sungai. Masyhur tingkat pahala yang diberikan-Nya kepada orang-orang yang taat. Kata-kata ini diimplementasikan untuk memberikan kenyamanan bagi mereka yang berusaha untuk mentaati segala perintah-Nya dan mendapatkan pahala.


Kata-kata akhir dalam ayat ini adalah "dan itulah kemenangan yang agung". Kata-kata ini merupakan penegasan bahwa pahala yang akan diterima oleh orang-orang taat akan menjadi kemenangan yang agung bagi mereka. Kata-kata ini memotivasi umat Islam untuk menaati segala perintah-Nya agar mereka dapat meraih hasil akhir yang maksimal.


Kesimpulannya, ayat 13 dalam surah An-Nisa' merupakan penegasan bahwa orang yang taat kepada perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya, mereka akan memperoleh pahala yang indah. Pahala yang diberikan Allah kepada hamba-hamba setia-Nya adalah surga yang mangalir dengan sungai-sungai. Kata-kata "dan itulah kemenangan yang agung" memberikan didikan bahwa kemenangan yang kita cari dalam hidup adalah kemenangan di dunia akhirat.