Surah Al Baqarah Ayat 58 - QuranWeb

terms: Surah Al Baqarah ayat 58 adalah ayat yang menceritakan tentang perintah Allah yang mana diperintahkan untuk orang yang beriman lewat nabi-Ny...

Surah Al Baqarah Ayat 58

Surah Al Baqarah ayat 58 adalah ayat yang menceritakan tentang perintah Allah yang mana diperintahkan untuk orang yang beriman lewat nabi-Nya supaya masuk ke dalam negeri Baitul Maqdis kemudian makanlah dengan nikmat yang ada di sana dengan sukacita dan masuklah pintu gerbangnya sambil menghormati. Kemudian katakanlah untuk meminta ampun dari Allah dari segala dosamu dan janganlah melakukan hal-hal yang dilarang oleh-Nya. Kebaikan akan dibalas dengan pahala dari Allah.


Ayat ini bernada pernyataan yang dipanggil dengan istilah hukum waqf di mana setelah mencapai ayat atau bagian tertentu dalam Al-Quran, hukum yang tercantum ditentukan. Ayat ini memberikan perintah, masuklah ke negeri Baitul Maqdis, yang merupakan kota yang dimaksudkan untuk ibadah haji suci. Dikatakan pula bahwa mereka yang berbuat baik akan mendapatkan pahala yang berlipat.


Di samping itu, ayat ini mengajak umat Islam dari berbagai kalangan untuk berbuat kebaikan. Ayat ini mengingatkan kita tentang pentingnya menjalankan perintah-Nya dan mengikuti ajaran-Nya serta tidak melanggar aturan-Nya. Oleh karena itu, melakukan kebaikan adalah salah satu cara untuk memenuhi perintah-Nya, sekaligus untuk mengharapkan pahala-Nya.


Kepada umat Islam, ayat ini juga mengingatkan bahwa Allah Maha Pengampun. Ini berarti bahwa ketika kita mengakui kesalahan-kesalahan kita dan berusaha untuk kembali ke jalanNya, Dia akan dengan sukacita mengampuni semua dosamu. Dengan demikian, ayat ini mendorong umat Islam untuk selalu bertobat dan mengakui kesalahan-kesalahan kita di hadapan-Nya.


Ayat ini juga mendorong kita untuk mempraktekan sikap tawakal. Sikap tawakal adalah sikap seseorang yang sabar dan ikhlas ketika berhadapan dengan cobaan. Dengan sikap tawakal, seseorang akan meninggalkan masalah dan bencana tertentu kepada Allah. Mengenai segala masalah yang terjadi, Allah akan menangani semuanya dan akan memberikan yang terbaik bagi kita.


Dengan demikian, dysimpulkan bahwa Surah Al Baqarah ayat 58 mengajarkan masuklah ke negeri Baitul Maqdis, makanlah dengan nikmat di situ, masuklah pintu gerbangnya sambil membungkuk dan mintalah ampun dari Allah. Ayat ini pula mengingatkan kita tentang pentingnya mengikuti perintah Allah, berbuat kebaikan, mengakui kesalahan kita, dan mengharapkan pahala dari-Nya. Selain itu, ayat ini juga mendorong kita untuk mempraktekkan sikap tawakal.