Surah Hud Ayat 71 - QuranWeb

terms: Surah Hud ayat 71 adalah sebuah ayat yang terdapat dalam Al-Qur’an dan merupakan surat ke-11. Ayat ini berbicara tentang seorang suami dan i...

Surah Hud Ayat 71

Surah Hud ayat 71 adalah sebuah ayat yang terdapat dalam Al-Qur’an dan merupakan surat ke-11. Ayat ini berbicara tentang seorang suami dan istrinya yang tersenyum. Allah memberikan kabar gembira bahwa pasangan tersebut akan memiliki anak yang bernama Ishak dan setelah Ishak, istrinya akan melahirkan Yakub.


Ayat ini membawa makna dalam banyak hal karena menggambarkan bagaimana Allah berbelas kasihan terhadap orang-orang yang tak berdaya. Ayat tersebut menyebutkan tentang bagaimana pasangan itu tersenyum saat diberikan kabar gembira oleh Allah mengenai kelahiran anak mereka. Hal ini menunjukkan betapa bahagianya mereka saat itu dan menggambarkan bahwa Allah memberikan berkah yang berlimpah kepada mereka.


Ayat ini juga mengajarkan tentang betapa berharganya anugerah Allah. Ayat tersebut menegaskan bahwa kelahiran Ishak dan Yakub dipsanjungi oleh Allah karena kelahiran mereka adalah sebuah berkat yang sangat berharga. Hal ini menunjukkan bahwa dalam Agama Islam, anak-anak adalah hal yang dihormati oleh Allah.


Selain itu, ayat ini menggambarkan bagaimana Allah menyayangi orang-orang yang tak berdaya. Ayat tersebut menunjukkan bahwa Allah mampu memberikan kabar gembira dan anugerah yang berlimpah kepada pasangan tersebut meskipun ia tak berkuasa di hadapan-Nya. Hal ini menunjukkan bahwa Allah adalah Tuhan yang sangat baik dan menyayangi semua yang tak berdaya.


Ayat tersebut juga mengajarkan kepada kita bahwa kita harus selalu bersyukur atas segala nikmat Allah seperti kelahiran seorang anak. Berterima kasihlah atas anugerah Allah yang diberikan kepada kita. Ayat ini juga menyebutkan bagaimana kebahagiaan yang dirasakan oleh pasangan tersebut saat Allah memberikan kabar gembira kepada mereka. Hal ini menunjukkan bahwa kita juga harus senang atas segala pemberian Allah.


Ayat ini juga dapat memberikan inspirasi kepada kita untuk selalu berusaha untuk menjalani kehidupan yang bermanfaat untuk agama, karena cara yang terbaik untuk meraih berkah adalah dengan menaati perintah Allah. Kita seharusnya bersyukur atas karunia yang Allah berikan dan juga harus melakukan apa yang telah Allah perintahkan.


Secara keseluruhan, Surah Hud ayat 71 mengajarkan kepada kita bahwa berkat yang diberikan oleh Allah adalah hal yang sangat berharga dan senantiasa harus disyukuri. Ditemani dengan do’a kita, Allah akan memberikan kita apapun yang terbaik untuk kita.