Surah Hud Ayat 72 - QuranWeb

terms: Surah Hud ayat 72 merupakan kisah tentang pertemuan Nabi Ibrahim dengan istrinya, Siti Sarah. Istri Nabi Ibrahim adalah orang yang sudah tua...

Surah Hud Ayat 72

Surah Hud ayat 72 merupakan kisah tentang pertemuan Nabi Ibrahim dengan istrinya, Siti Sarah. Istri Nabi Ibrahim adalah orang yang sudah tua usianya namun beliau dijanjikan oleh Allah bahwa beliau akan melahirkan seorang anak. Maka melihat keajaiban yang Allah kabulkan ini Siti berkata salah satu ayat pada Surat Hud Ayat 72 ”Sungguh ajaib, mungkinkah aku akan melahirkan anak padahal aku sudah tua, dan suamiku ini sudah sangat tua? Ini benar-benar sesuatu yang ajaib”.


Kebahagiaan istri Nabi Ibrahim ini bisa dikatakan sebagai kebajikan terbesar yang dialaminya, di saat semua rintangan di depannya, Nabi Ibrahim dan istrinya dijanjikan untuk memiliki anak. Bagaimana mungkin ini bisa terjadi padahal Nabi Ibrahim telah sangat tua dan istrinya pun seumuran dengannya. Tetapi Allah yang menciptakan Nabi Ibrahim dan istrinya dan alangkah banyak keajaibannya dalam mempersatukan jodoh antara pasangan usia tuamu.


Kemudian ayat tersebut juga membawa peringatan kepada para umat Allah, bahwa kunci untuk mendapatkan nikmat Allah adalah dengan takwa kepada Allah. Sebab Allah Maha Agung dan Mahakuasa untuk mengabulkan permohonan hamba- nya dan memberikan nikmat- nya. Kebahagiaan dan sukses dari Nabi Ibrahim dan isterinya juga dihasilkan dari seluruh keimanan, ikhtiar dan ketakwaan yang ada dalam diri mereka.


Kisah ini merupakan sebuah teladan spiritual bagi umat manusia, untuk saling menghormati dan bersifat sabar dalam menghadapi ujian Allah, karena Allah yang Maha Adil dan Maha Pengampun itu akan menjawab doa hamba-Nya. Melalui ayat ini juga menegaskan bahwa Allah Mahakuasa untuk menciptakan nikmat dari hamba- nya. Hebatnya gap suci yang begitu jauh bisa di atasi hanya dengan bertahlil dan selalu berpasrah kepada kehendakNya.


Oleh karena itu, Umat manusia harus menyadari bahwa seluruh kehendak Allah adalah yang terbaik untuk hamba- Nya, dan bahwa segala rahasia Allah adalah yang terbaik yang akan ditanamkan pada kita. Terakhir, jangan pernah berputus asa dan selalu bersabar dalam menghadapi segala cobaan. Selalu yakin bahwa mimpi yang ia miliki akan dikabulkan jika ia bersabar dan tiba- tiba terjadi keajaiban yang menyatakan kebesaran Allah yang Maha Kuasa. Dengan kuatnya keimanan dan tuntutan berdoa maka Allah akan menjawab doa sadar yang diberikan kita. Semoga kista terpuji mampu menerapkan prinsip yang terdapat dalam ayat Surat Hud Ayat 72 ini.