Surah Hud Ayat 59 - QuranWeb

terms: Surah Hud ayat 59 merupakan bagian dari al-Quran yang diturunkan Allah swt. terakhir kepada nabi Muhammad saw. Ayat ini mengacu pada kisah K...

Surah Hud Ayat 59

Surah Hud ayat 59 merupakan bagian dari al-Quran yang diturunkan Allah swt. terakhir kepada nabi Muhammad saw. Ayat ini mengacu pada kisah Kaum 'Ad yang merupakan salah satu dari umat terdahulu. Kaum 'Ad adalah kaum yang dihukum karena ketidakpatuhan mereka terhadap Allah swt. dan rasul-Nya. Dalam ayat ini Allah swt. menggambarkan kaumm tersebut sebagai kaum yang menolak tanda-tanda kekuasaan Allah dan memilkinya. Mereka juga durhaka kepada rasul yang diberikan oleh Allah swt, dan juga mengikuti keinginan penguasa yang zalim dan tidak punya belas kasih.


Kaum 'Ad adalah salah satu dari enam umat terdahulu yang mendapat anugerah dan nano-nano Rohmat Allah swt. Kisah mereka disebutkan dalam Al Quran diamana Allah swt. menggambarkan mereka sebagai kaum yang bersifat sombong dan durhaka. Mereka tidak mempercayai Allah swt. dan tanda-tanda yang dibawa oleh rasul-Nya. Al Quran juga menceritakan bahwa kaum tersebut tidak mau melepaskan kebiasaan jahat mereka seperti berbuat zalim dan ketidakadilan. Tidak hanya itu, mereka juga menolak tuntunan perintah Allah swt. dan bahkan mengikuti arahan para penguasa yang sewenang-wenang dan durhaka. Allah swt. melihat perbuatan mereka sebagai tanda kedurhakaan terhadapNya dan mereka dihukum oleh Allah swt.


Bagi orang-orang yang ingin menjadi orang yang beriman, Surah Hud Ayat 59 adalah suatu pelajaran penting. Ini menggarisbawahi bahaya mengikuti otoritas zalim dan tidak bertanggung jawab. Manusia diberikan kemampuan dan akal untuk berpikir dengan jernih dan menghindari perkataan dan tindakan yang bisa merugikan diri sendiri atau orang lain. Hal ini juga mengingatkan kita agar tidak mengikuti arus dan tunduk pada pemikiran, tradisi, pengaruh gila, dan kebiasaan lainnya. Sebaliknya, kita harus mengikuti perintah Allah Swt dan menjaga agar jangan berbuat durhaka kepadaNya.


Kesimpulannya, Surah Hud Ayat 59 menegaskan bahwa Allah Swt telah menghukum Kaum ‘Ad karena mereka mendurhakai rasul-Nya dan sewenang-wenangnya mengikuti arahan penguasa yang zalim. Hal ini harus menjadi pelajaran berharga bagi umat manusia dan ini diharapkan dapat mencegah mereka dari perbuatan dan tindakan yang tidak serasi dengan ajaran Allah swt. Sebagai manusia, kita harus mengerti bahwa perbuatan durhaka atau mematuhi sewenang-wenangnya penguasa zalim dapat dihukum dengan kehancuran. Dengan demikian, kita harus tetap berpegang pada ajaran Allah swt. dan tunduk pada perintahNya, karena disitulah kita akan mendapat keselamatan dan kebahagiaan.