Surah Yunus Ayat 89 - QuranWeb

terms: Surah Yusuf ayat 89 merupakan salah satu ayat dalam Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Ayat ini mengungkapkan bahwa Allah te...

Surah Yunus Ayat 89

Surah Yusuf ayat 89 merupakan salah satu ayat dalam Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Ayat ini mengungkapkan bahwa Allah telah memenuhi permohonan kedua sahabat Nabi, yang telah mereka lakukan dengan penuh keyakinan. Oleh karena itu, Allah menyuruh kedua sahabat agar terus berada di jalan yang lurus dan tidak mengikuti jalan orang-orang yang tidak mengetahui.


Ayat tersebut menunjukkan bahwa anda harus memiliki tekad kuat dan keyakinan yang kokoh dalam meraih impian Anda.


Dalam ayat tersebut Allah SWT menyebutkan tentang “jalan yang lurus”. Hal ini menggambarkan pentingnya berada di jalan yang benar atau berbuat kebajikan. Dengan cara ini, kita dapat menekan dorongan untuk berbuat sebaliknya, yaitu jalankan perbuatan buruk. Dengan mematuhi hukum Allah SWT, seorang muslim akan selalu dituntun dalam dalam menghadapi segala kesulitan dalam kehidupannya.


Kedua sahabat Nabi disuruh untuk tidak mengikuti jalan orang-orang yang tidak mengetahui. Bagi kita, ini menyarankan untuk menyertakan saran dan pendapat orang yang telah mengetahui lebih banyak hal dibandingkannya. Pendapat orang yang kurang berguna ini tidak semestinya menjadi tolok ukur dalam melakukan sesuatu. Sebaliknya, kita harus mempercayai dan mendengarkan pendapat orang yang benar-benar mengetahui dengan benar.


Ayat tersebut juga mengingatkan kita bahwa kita harus selalu berusaha untuk berbuat baik. Sebab berbuat baik adalah jalan yang selamat untuk mendekati Allah SWT. Seperti yang telah Allah SWT berikan kepada kedua sahabat Nabi tersebut, juga memberikan kepada kita peluang untuk meraih apa yang kita impikan.


Dalam ayat 89 Surah Yunus Allah SWT juga