Surah Yunus Ayat 86 - QuranWeb

terms: Surah Yunus ayat 86 adalah ayat yang terdapat dalam Al-Qur'an yang merupakan ucapan doa, di mana ucapan ini ditujukan kepada Allah, agar dia...

Surah Yunus Ayat 86

Surah Yunus ayat 86 adalah ayat yang terdapat dalam Al-Qur'an yang merupakan ucapan doa, di mana ucapan ini ditujukan kepada Allah, agar dia menyelamatkan mereka dari orang-orang kafir. Ayat tersebut merujuk pada zaman Nabi Musa (Keluaran), ketika Bani Israil menghadapi musuh di depan mereka.


Sebagaimana dapat diketahui dari Surah Yunus ayat 86, orang-orang kafir yang disebutkan dalam ayat tersebut berkaitan erat dengan masalah pengikutan agama. Ketika Bani Israil berlepas dari Mesir pada masa Nabi Musa, mereka dikejutkan oleh orang-orang kafir dari banyak agama yang berbeda dan berusaha untuk menghalangi mereka. Ini merupakan fitnah dan gangguan dalam bentuk yang berbeda-beda terhadap agama yang dianut oleh Bani Israil.


Surah Yunus ayat 86 memberi pesan yang sangat penting bagi umat Islam. Seseorang harus berpegang teguh pada agama yang dianutnya meskipun dihadang dan dihalangi oleh orang-orang kafir. Mengenai masalah pengikutan agama, ayat ini berfungsi sebagai peringatan untuk umat Islam agar tetap teguh dalam mengamalkan ketaatan dan kesucian tauhid. Ayat ini juga mengingatkan kepada umat Islam agar mereka bersabar dan bersyukur atas karunia Allah.


Menyinggung isi ayat tersebut, umat Islam seharusnya merasakan bahwa mereka tidak boleh melemah pada ketika orang-orang kafir menentang agama yang mereka anut. Umat Islam harus tetap kuat dan yakin akan orang-orang kafir, serta memberi yang terbaik dalam usaha mereka untuk mendakwahkan agama mereka.


Meali, isi Surah Yunus ayat 86 berbicara tentang perlunya tekad tinggi, teguh dan komitmen dari umat Islam atas agama yang mereka anut, meskipun dihadangi dan terhalangi oleh orang-orang kafir. Dengan berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari orang-orang kafir, umat Islam juga harus menebarkan cahaya tauhid dan iman kepada orang-orang yang berada di sekitar mereka. Hal ini merupakan satu-satunya cara untuk menjalankan perintah agama yang sudah diberikan Allah, dan yang paling penting, untuk tetap teguh dengan iman mereka.