Surah Yunus Ayat 85 - QuranWeb

terms: Surah Yunus ayat 85 merupakan salah satu ayat dalam Al-Qur'an yang diturunkan Allah SWT. Ayat ini menyebutkan tentang sikap umat Islam saat ...

Surah Yunus Ayat 85

Surah Yunus ayat 85 merupakan salah satu ayat dalam Al-Qur'an yang diturunkan Allah SWT. Ayat ini menyebutkan tentang sikap umat Islam saat menghadapi ujian dan fitnah yang dihadapi mereka. Dalam ayat ini, Allah SWT mendorong umatnya untuk berdoa dan berharap agar mereka tidak menjadi sasaran bagi kaum yang zalim.


Ayat ini datang di tengah peristiwa kisah nabi Yunus, yang diditahan di dalam perut ikan besar. Setelah didekati oleh orang-orang yang zalim, ia pun berdoa kepada Allah agar diberi pertolongan. Sebagai jawaban atas doanya, Allah mengutus ikan itu dan menyelamatkan Nabi Yunus.


Secara etimologi, kata “tawakal” dalam Surah Yunus ayat 85 berarti berselimut atau bertopang pada Allah, yaitu menyerahkan segala hal kepada Allah dan memohon pertolongannya. Secara khusus, kata ini juga bisa merujuk pada penyerahan diri kepada Allah dengan pasrah dan iklas.


Bagi umat Islam, berdoa dan bertawakal kepada Allah merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling utama. Dengan berdoa dan mohon perlindungan kepada Allah, mereka berharap dapat berlindung dari berbagai ujian dan fitnah. Hal ini menegaskan bahwa umat Islam akan selalu mengharap pertolongan dari Allah ketika menghadapi ujian dan fitnah.


Meskipun demikian, para umat Islam tidak boleh bergantung hanya pada doa dan harapan saja. Mereka juga harus menerapkan prinsip tawakkal meskipun tidak menyerahkan seluruh tanggung jawab mereka. Artinya, umat Islam harus bergerak berusaha untuk mengatasi masalah yang dihadapi sambil mempercayai bahwa semuanya ada penyelesaiannya. Allah akan menolong umatnya dalam setiap usaha mereka.


Selain itu, para umat Islam juga perlu mengingat bahwa Allah SWT tidak akan pernah menyakiti dan menyusahkan umatnya. Oleh karena itu, mereka tak perlu takut akan berbagai ujian dan fitnah yang mereka hadapi. Mereka hanya perlu berpegang teguh pada prinsip tawakkal dan berdoa kepada Allah.


Sebenarnya, tawakkal dan berdoa kepada Allah merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh semua umat Islam. Dengan konsep ini, mereka bertanggung jawab untuk bekerja keras untuk menjalankan kewajiban-kewajiban mereka sebagai hamba Allah sambil memohon perlindungan dari-Nya. Jika umat Islam mampu melaksanakan kedua hal tersebut, mereka dapat mencapai kesuksesan dalam memenuhi kewajiban-kewajiban mereka sebagai orang yang saleh.


Dengan demikian, Surah Yunus ayat 85 menekankan pentingnya memiliki sikap tawakkal dan berdoa kepada Allah SWT. Ketika menghadapi ujian dan fitnah, umat Islam harus ingat bahwa Allah SWT selalu bersamanya dan akan memberi perlindungan dan pertolongan jika mereka beribadah dengan ikhlas. Sebagai umat Islam, mereka harus percaya bahwa memiliki ketergantungan kepada Allah akan membawa mereka kepada kemenangan dan kemuliaan.