Surah Yunus Ayat 73 - QuranWeb

terms: Surah Yunus ayat 73 menceritakan bahwa Nabi Nuh AS ditolak dan diingkari oleh penduduk tempat ia tinggal. Allah SWT menyelamatkan baginda de...

Surah Yunus Ayat 73

Surah Yunus ayat 73 menceritakan bahwa Nabi Nuh AS ditolak dan diingkari oleh penduduk tempat ia tinggal. Allah SWT menyelamatkan baginda dengan orang-orang yang bersamanya dalam sebuah kapal yang rapuh. Pada masa ini, orang-orang yang ingkar itu pun dihancurkan. Melalui ayat ini, Allah SWT mengingatkan teman-teman Nabi Nuh AS agar tidak mendustakan syariat Allah SWT, karena kesudahan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah SWT adalah hancur.


Nabi Nuh AS telah berjuang untuk mengingatkan rakyatnya tentang keesaan Allah SWT, dan mengingatkan mereka mendirikan shalat, berpuasa, berzakat, dan meninggalkan perbuatan jahat. Baginda berusaha untuk menjadikan mereka sebagai khalifah Allah SWT yang bertanggung jawab mengelola bumi dengan menaati syariat-Nya. Namun, penduduk di sana malah membangkang dan mengingkari baginda. Allah SWT tak dapat membiarkan hal itu terjadi, sehingga Dia menyelamatkan Nabi Nuh AS beserta orang-orang yang bersamanya.


Allah SWT juga mengingatkan kembali bahwa kesudahan dari orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah SWT adalah hancur. Dalam koran, telah banyak berita mengenai orang-orang yang ingkar atau menolak ayat-ayat Allah SWT. Mereka yang bersikap begitu adalah orang-orang yang tak menunaikan hak untuk menyeru manusia menuju ketaqwaan Allah SWT ataupun menyuruh tak melakukan perbuatan jahat, dan mereka sewaktu-waktu dapat mengalami kesulitan hingga kehancuran.


Inilah salah satu pelajaran yang dapat kita ambil dari Surah Yunus ayat 73. Kita sebagai umat manusia harus mampu mengenal dan melaksanakan syariat Allah SWT. Karena yakinlah bahwa Allah SWT akan menghukum orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya. Dengan melakukan apa yang telah diberitakan dan diutus-Nya, kita dapat menghindari kesulitan dan hancur.


Oleh karena itu, marilah kita menghayati makna Surah Yunus ayat 73 ini dengan bersabar dan taat shalat. Jangan sampai kita merasa paling hebat dan tidak mau mendengar syariat Allah, sebab Allah pasti akan menghukum setiap orang yang tidak mentaatinya. Dengan berbuat baiklah, kita dapat melihat dan merasakan apa yang telah disiapkan-Nya untuk hamba-hamba yang taat kepda-Nya.