Surah Yunus Ayat 72 - QuranWeb

terms: Ayat al-Quran yang berkaitan dengan ayat Yunus ayat 72 adalah salah satu yang paling mudah untuk difahami. Ayat ini menyebutkan bagaimana Na...

Surah Yunus Ayat 72

Ayat al-Quran yang berkaitan dengan ayat Yunus ayat 72 adalah salah satu yang paling mudah untuk difahami. Ayat ini menyebutkan bagaimana Nabi Ayub a.s (Job) harus berpegang teguh pada peringatannya terhadap orang lain. Dan bagaimana ia mentaati dan menjaga agar ia tetap di jalur agama Allah. Pada konteks ayat 72, firman Allah ini menunjukkan bagaimana Nabi Ayub a.s tidak meminta imbalan untuk melakukan enam hal.


Pertama, sebagai sebuah ayat Munafik, ayat ini memperingatkan kita tentang konsekuensi dari menghilangkan peringatan Nabi Ayub a.s. Jika kita tidak mentaati dan melakukan apa yang telah diperintahkan oleh Allah, maka kita tidak akan mendapatkan imbalan apapun.


Kedua, ayat ini menegaskan sekali lagi tentang bagaimana Allah adalah satu-satunya yang memberikan imbalan. Apapun yang kita lakukan, jama’ah ulama apa pun yang kita ikuti, tidak akan sebanding dengan pahala yang Allah berikan. Oleh karena itu, Kita harus menyadari bahwa kita memiliki banyak tanggung jawab untuk selalu mengingat-Nya dan berlaku selama datang dari-Nya.


Ketiga, ayat ini memberikan landasan bagi orang-orang yang ingin menjadi Muslim. Ayat ini memberikan petunjuk kepada kita bagaimana harus menjaga agar tetap mengikuti sunnah Rasulullah s.a.w. Meskipun tidak diperlukan melakukan hal-hal yang berlebihan seperti berhaji dan umrah, mengingat dan menghormati Nabi ayat ini menyatakan bahwa kita harus tetap mentaati beliau.


Keempat, ayat ini juga memberikan peringatan kepada kita tentang konsekuensi dari menyimpang dari jalan yang ditunjukkan Allah. Ini dinyatakan kepada kita bahwa tidak ada imbalan yang akan kita dapatkan jika kita berpaling dari jalan yang dipilih oleh Allah.


Kelima, ayat ini mengingatkan kita untuk bersyukur atas nikmat-Nikmat yang diberikan kepada kita oleh Allah. Dalam konteks ayat, Allah mengingatkan kita bahwa Imbalan yang akan Dia berikan dengan jalan itu adalah pahala. Itulah yang akan kita terima atas segala usaha yang kita lakukan menaati perintah-perintah-Nya.


Keenam, ayat ini juga memperingatkan kita tentang apa yang akan terjadi jika kita mengabaikan perintah-perintah Allah. Menurut ayar, jika kita berpaling dari Allah, maka ketidakmampuan kita dalam menunaikan kewajiban kita akan dihukumi dengan kemurkaan-Nya.


Ayat Yunus ayat 72 menyediakan kita sebuah pandangan yang jelas akan bagaimana Allah memandang keyakinan dan tindakan kita. Di satu sisi, ayat ini mengingatkan kita tentang bagaimana kita harus senantiasa mentaati perintah-perintah-Nya. Namun, di sisi lain, ayat ini juga memberikan gambaran tentang konsekuensi dari tidak mentaati perintah Allah. Ini adalah satu qoules yang mengingatkan kita bahwa kita harus menghormatinya dan senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang diberikan-Nya.