Surah Yunus Ayat 109 - QuranWeb

terms: Surah Yunus ayat 109 menyimpulkan surah Yunus dengan pernyataan tentang taqwa dan sabar. Pada ayat ini Allah Subhanahu wa Ta'ala menyuruh ki...

Surah Yunus Ayat 109

Surah Yunus ayat 109 menyimpulkan surah Yunus dengan pernyataan tentang taqwa dan sabar. Pada ayat ini Allah Subhanahu wa Ta'ala menyuruh kita untuk mengikuti hukum-Nya. firman-Nya "Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu". Ini menandakan bahwa kita seharusnya selalu berpegang teguh pada apa yang telah ditetapkan oleh Allah.


Penekanan diberikan pada bahwa kita harus tunduk pada hukum-Nya, kita tidak boleh memiliki penilaian umum atas hukum-Nya. Kita tidak boleh mengubah apa yang telah ditetapkan oleh Allah, karena Dia adalah Pencipta kita. Dia yang mengetahui yang terbaik untuk kita. Ditambah lagi, Allah Subhanahu wa Ta'ala memberi peringatan untuk bersabar hingga Dia memberikan keputusan. Pada saat kita berusaha untuk menghadapi musibah dan cobaan, kita harus bersabar. Peringatan bahwa kita tidak boleh segera lupa tentang ketabahan, jauh sebelum permasalahan dapat dipecahkan.


Ayat ini juga mengingatkan kita tentang fungsi Allah sebagai hakim yang terbaik. Dia adalah hakim yang paling mengetahui, Dia yang mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Ia tidak pernah menyalahkan orang yang taat pada-Nya. Sebaliknya, ia selalu selaras dengan hukum-Nya, hukum-Nya yang memberi jalan keadilan. Dengan mengetahui ini,muak harus bersabar sampai Dia memberikan penilaian dan keputusan.


Dengan mengingatkan kita tentang pentingnya taqwa dan sabar, ayat ini diakhiri dengan anjuran untuk ikut mengikuti Allah dengan seluruh hati dan jiwamu. Allah mengingatkan kita untuk lebih mengekalkan ketaatan, mengingatkan kita bahwa beliau tidak akan rugi atas ketaatan kita, dan Dia akan berlaku adil dengan kita.


Kesimpulannya, ayat ini memberi kita pemahaman tentang pentingnya taqwa dan sabar. Kita harus patuh pada hukum Allah, bersabar hingga Allah menempuh keputusan, dan mengikuti hukum Allah dengan seluruh hati dan jiwamu. Ini memberikan kita harapan bahwa Allah akan memberi kita jalan yang terbaik.