Surah Yunus Ayat 106 - QuranWeb

terms: Surah Yunus ayat 106 berbicara tentang larangan beribadah kepada selain Allah. Dalam ayat tersebut tertulis : “Dan jangan engkau menyembah s...

Surah Yunus Ayat 106

Surah Yunus ayat 106 berbicara tentang larangan beribadah kepada selain Allah. Dalam ayat tersebut tertulis : “Dan jangan engkau menyembah sesuatu yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) memberi bencana kepadamu selain Allah, sebab jika engkau lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya engkau termasuk orang-orang zalim.” Dengan kata lain, disini Allah memberi peringatan kepada manusia untuk tidak beribadah kepada selain-Nya, satu-satunya Tuhan yg menciptakan seluruh alam semesta ini.


Ketika kita beribadah kepada selain Allah, maka kita adalah orang-orang yang zalim. Sebab, semua yang berada di bawah Adam tidak akan menciptakan sedikit pun dan tidak akan mendapat manfaat dari beribadah kepada selain Allah. Allah sendiri adalah Tuhan akan semua sesuatu dan mana yang dapat memberikan manfaat ataupun bencana dalam hidup kita.


Melalui surah Yunus ayat 106 Allah mengajarkan bahwa hanya dengan beribadah kepada-Nya, kita akan mendapatkan manfaat, terutama para nabi dan rasul-Nya. Sebagai manusia, kita adalah makhluk yang lemah dan tidak sanggup menawarkan kebaikan di muka bumi. Kebaikan dan kebenaran masih ada di tangan-Nya. Beribadah kepada selain Allah adalah sebuah kesalahan yang harus dihindari, agar kita tidak salah jalan dan tidak melupakan kebenaran.


Dalam hal ini, Allah memberi amanat agar kita menghadapi baik dengan segala hal atau situasi yang terjadi. Artinya, dengan beribadah kepada Allah adalah bentuk dari pengakuan dan pengabdian kita pada-Nya. Kita tidak boleh menyakiti seorang pun, tidak boleh berbuat kezaliman, dan tidak boleh berlaku curang. Dalam hal ini, segala keajaiban dan keselamatan masih berada ditangan-Nya. Tanpa Allah, kita tidak akan pernah mendapatkan hakikat yang sejati.


Akhirnya, Allah mengarahkan kita untuk selalu beribadah hanya kepada-Nya, dan mengingatkan bahwa beribadah kepada selain Allah akan sesuatu yang bisa membuat kita menjadi orang zalim. Karena, beribadah kepada selain Allah tidak akan menguntungkan kita, apalagi memberi bencana di dalam hidup kita. Akhirnya, kita harus berserah diri hanya kepada Allah yang Maha Pemurah, lagi Maha Pengasih, atas segala rahmat dan karunia-Nya.