Surah At-Taubah Ayat 86 - QuranWeb

terms: Surah At-Taubah ayat 86 adalah ayat yang terdapat di Al-Quran yang menyatakan bahwa ketika suatu surah diturunkan, yang memerintahkan orang-...

Surah At-Taubah Ayat 86

Surah At-Taubah ayat 86 adalah ayat yang terdapat di Al-Quran yang menyatakan bahwa ketika suatu surah diturunkan, yang memerintahkan orang-orang munafik untuk beriman kepada Allah dan berjihad bersama Rasul-Nya, orang-orang kaya dan berpengaruh di antara mereka akan meminta izin untuk tidak berjihad dan mereka berkata, “Biarkanlah kami berada bersama orang-orang yang duduk (tinggal di rumah).” Hal ini dapat dipahami bahwa orang-orang kaya dan berpengaruh juga dapat terlihat seolah-olah tidak ingin menjadi bagian dari peperangan.


Ayat 86 dari surah At-Taubah Al-Quran menyoroti perilaku orang-orang kaya dan berpengaruh. Mereka adalah orang yang dapat berkuasa dan mempunyai pengaruh yang besar di dalam masyarakat, namun ketika datang untuk berperang demi Allah, mereka bersikeras untuk tetap tinggal di rumah. Mereka berusaha menggunakan posisi dan kedudukan mereka, serta peluang untuk menyembunyikan diri di balik naungan orang-orang berkuasa untuk menghindari tugas yang telah Allah berikan.


Namun, Ini sangat berlawanan dengan bagaimana Rasulullah S.A.W menghadapi pertarungannya. Berkaitan dengan surah At-Taubah ayat 86, Allah menerangkan bahwa itu adalah tanggung jawab kita untuk berjihad di jalan Allah. Ini adalah sebuah tugas yang harus dilangsungkan oleh semua orang tanpa memandang kedudukan, status, atau kedudukan sosial. Wajib bagi kita semua untuk meninggalkan semua nyaman dan nikmat dunia dan mengabdikan diri kepada Allah dengan melakukan jihad.


Perintah Allah bahwa semua orang harus berjuang untuk kesucian agama bukanlah perintah yang berat, melainkan kehendak Allah yang menakjubkan, yaitu untuk melindungi agama dan menegakkannya di muka bumi. Jihad, ketika dialami dengan benar, akan memberikan sebuah ketentraman luar biasa yang tidak dapat diukur oleh manusia. Plumer telah menulis dalam bukunya “Masalah Agama dan Dunia”, bahwa ketika jihad benar-benar dimulai, maka pedang dan lance akan berdiri di depan pintu, pasukan Rahmat akan memakan mereka, dan hati para penjahat akan jatuh di bawah kekuasaan surga.


Kesimpulannya, ayat 86 dari surah At-Taubah Al-Quran menegaskan adanya tanggung jawab untuk melaksanakan tugas yang telah Allah berikan, yaitu berjihad demi kesucian agama tanpa memandang kedudukan, status, atau kedudukan sosial. Ini adalah sebuah perintah yang sangat besar dan sulit dijalankan, namun kita semua perlu mengambilnya jika kita mau menikmati ketentraman Ilahi. Jadi, janganlah kita menolak tugas yang telah Allah berikan.