Surah An-Nisa' Ayat 170 - QuranWeb

terms: Surah An-Nisa' Ayat 170 adalah ayat dalam Al-Qur'an yang berbicara tentang kehadiran Nabi Muhammad SAW dan perintah kepada umat manusia agar...

Surah An-Nisa' Ayat 170

Surah An-Nisa' Ayat 170 adalah ayat dalam Al-Qur'an yang berbicara tentang kehadiran Nabi Muhammad SAW dan perintah kepada umat manusia agar beriman kepada dia. Disebutkan dalam ayat ini bahwa Nabi saw telah datang kepada manusia dengan menyampaikan kebenaran Allah kepada mereka. Dan perintah Allah adalah agar umat manusia beriman pada Nabi saw agar beroleh kebaikan. Ayat ini juga menyatakan bahwa Allah tidak dirugikan dengan kekafiran seseorang, karena segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi adalah milik Allah.


Ayat 170 Surah An-Nisa' memiliki nilai yang begitu penting, karena disini Allah mengajak manusia agar mereka patuh dan beriman kepada Nabi Muhammad SAW setelah dia menyampaikan wahyu dari Allah SWT. Allah menggambarkan kondisi saat itu karena pada saat itu, sebagian besar bangsa Arab menolak untuk menerima ajaran islam yang disampaikan oleh Nabi saw. Jadi, Allah ingin mengajak manusia untuk menyadari bahwa beriman pada Nabi saw saja adalah jalan yang tepat menuju kebahagiaan.


Ayat ini juga menyebutkan bahwa Allah tidak akan dirugikan dengan kekafiran seseorang, meskipun ia menolak untuk menerima dan meyakini ajaran Nabi saw. Allah memiliki hak apa pun yang ada di langit dan di bumi, dan ia mengetahui apa yang terbaik bagi semua orang. Oleh karena itu, ia tidak akan salah dalam memutuskan siapa yang akan menuju surga dan siapa yang akan menuju neraka.


Jadi, Surah An-Nisa' Ayat 170 telah menyampaikan pesan yang jelas kepada umat manusia tentang perlunya beriman kepada Nabi saw. Pesan ini sangat penting bagi umat Muslim dalam menghadapi fitnah-fitnah yang mencoba menghina Tuhan dan Rasul saw. Ayat ini juga mengingatkan kita bahwa Allah tidak akan salah dalam menetapkan siapa yang akan menuju surga dan siapa yang akan menuju neraka.