Surah An-Nisa' Ayat 169 - QuranWeb

terms: Surah An Nisa' ayat 169 merupakan bagian dari Al-Quran yang merupakan kalam Allah yang mulia yang diturunkan melalui malaikat Jibril dan dit...

Surah An-Nisa' Ayat 169

Surah An Nisa' ayat 169 merupakan bagian dari Al-Quran yang merupakan kalam Allah yang mulia yang diturunkan melalui malaikat Jibril dan ditujukan kepada Rasulullah saw. Ayat ini ditujukan untuk mengingatkan kita tentang siksa Jahanam. Isi ayat tersebut dapat diterjemahkan sebagai berikut: Kecuali (orang-orang yang berdosa besar yang berusaha mencari) jalan ke neraka Jahanam; Mereka (orang-orang yang berdosa ini) kekal di dalamnya selama-lamanya. Dan hal itu(sangat) mudah bagi Allah.


Ayat ini menggambarkan bagaimana Allah SWT dengan mudahnya dapat menahan orang yang bersalah di neraka. Kata yang digunakan untuk menggambarkan kekuatan Allah menurut ayat ini adalah "mudah". Beberapa tafsir ulama menjelaskan bahwa Allah telah menyiapkan segala sesuatu untuk kepentingan-Nya dengan mudah, baik dalam alam semesta, jiwa makhluk yang Tuhan ciptakan, dan banyak lagi. Dengan kata lain, Allah dengan mudah dapat memenuhi segala permintaan, secara alamiah atau melalui izin-Nya.


Dalam ayat ini dijelaskan pula bahwa orang yang bersalah tidak akan memiliki kehidupan di dalam Jahanam, karena orang-orang ini akan kekal di dalamnya selama-lamanya. Jadi peringatan bagi orang-orang yang berbuat zalim adalah jika mereka tidak mau menyesuaikan tingkah lakunya, mereka akan melakukan perbuatan-perbuatan yang diharamkan Allah dan menikmati akibat yang tidak menyenangkan ini.


Ini juga mengingatkan kita tentang siksa Jahanam yang akan diderita mereka yang bersalah. Allah telah mengatakan bahwa orang yang berbuat dosa sangat penting untuk diingatkan tentang siksa Jahanam dan bahwa mereka harus menjauhi kesalahan. Siksa Jahanam merupakan bentuk hukuman bagi orang-orang yang berbuat kejahatan dan Allah telah menetapkan bahwa mereka akan mendapatkan siksa yang berat sebagai hukuman untuk perbuatan-perbuatan mereka.


Oleh karena itu, kita sebagai hamba Allah harus taat terhadap segala larangan-Nya dan berusaha untuk hidup dengan sebaik mungkin sesuai dengan aturan-Nya. Allah juga menyuruh kita untuk memperingatkan kepada orang-orang yang berbuat salah bahwa mereka akan mengalami siksa Jahanam jika mereka tidak mau berubah. Surah An Nisa' ayat 169 memberitahukan pada kita apa yang akan terjadi pada orang-orang yang berbuat kejahatan dan adil secara alami.


Ayat ini mengajarkan pada kita untuk menempatkan Allah di tempat paling tinggi di dalam hidup kita dan menjaga diri dari melakukan kesalahan yang dapat membawa kepada siksa Jahanam. Kita harus mengerti bahwa Allah dengan mudahnya dapat menyerahkan surga dan neraka bagi hamba-Nya yang tak terduga. Dengan ini, maka kita seharusnya tidak mengabaikan pelajaran ini dan senantiasa mengingatkan diri kita bahwa orang-orang yang bersalah akan mengalami siksa neraka jahanam yang abadi.