Surah Al-Ma'idah Ayat 5 - QuranWeb

terms: Ayat 5 Surah Al-Ma'idah merupakan sebuah ayat yang diturunkan oleh Allah untuk para pemeluk agama di seluruh dunia. Dalam ayat tersebut, All...

Surah Al-Ma'idah Ayat 5

Ayat 5 Surah Al-Ma'idah merupakan sebuah ayat yang diturunkan oleh Allah untuk para pemeluk agama di seluruh dunia. Dalam ayat tersebut, Allah menetapkan bahwa pada hari ini berbagai kebaikan dihalalkan bagi umat manusia. Hal ini merupakan cara Allah mengingatkan mereka bahwa semua hal yang bisa dipercaya dan diharapkan menghasilkan manfaat, telah dihalalkan. Di dalam ayat tersebut juga dinyatakan bahwa makanan yang disembelih oleh ahli kitab (Suku Yahudi dan Nasrani) halal bagi orang Muslim, dan makanan mereka juga halal bagi orang Muslim.


Selain itu, di dalam ayat 5 Surah Al-Ma'idah juga disebutkan bahwa menikah dengan perempuan-perempuan yang tunduk kepada berkat Allah dan menjaga kehormatanmereka di kalangan orang-orang yang beriman dan orang-orang yang beragama lain (ahli kitab) juga dihalalkan. Namun, disayangkan bahwa sebuah maskawin dihadapkan untuk suatu pernikahan, yang merupakan sebuah cara untuk mencegah berzina dan melindungi para perempuan dari pengambilan ilegal.


Namun, di akhir ayat tersebut, Allah juga menyatakan bahwa, bagi mereka yang mengingkari keimanan mereka setelah telah beriman, maka semua amalan mereka sia-sia dan di akhirat mereka termasuk orang-orang yang rugi. Ini mengingatkan mereka untuk saling bergantung dalam prinsip iman dan memberikan perlindungan bagi para pemeluk agama.


Kesimpulannya, ayat 5 Surah Al-Ma'idah merupakan sebuah ayat yang Allah turunkan untuk mengingatkan para pemeluk agama di seluruh dunia untuk taat kepada aturan-aturan Islam. Dalam ayat tersebut, Allah menetapkan bahwa makanan yang disembelih oleh ahli kitab dihalalkan bagi orang-orang Muslim, dan juga menikah dengan perempuan-perempuan yang tunduk kepada Allah dan menjaga kehormatannya. Ayat ini juga mengingatkan para pemeluk agama bahwa siapa yang mengingkari keimanannya setelah beriman, maka amal mereka sia-sia dan mereka di akhirat akan menjadi orang-orang yang rugi.