Surah Al-Ma'idah Ayat 49 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah ayat 49 terkait dengan keabsahan hukum Allah. Isinya mengingatkan kita akan pentingnya menerapkan hukum Tuhan ketika menyel...

Surah Al-Ma'idah Ayat 49

Surah Al-Ma'idah ayat 49 terkait dengan keabsahan hukum Allah. Isinya mengingatkan kita akan pentingnya menerapkan hukum Tuhan ketika menyelesaikan suatu masalah. Dengan kata lain, jika dua orang tertentu memiliki masalah yang harus diselesaikan, maka hendaklah siapa pun yang menyelesaikan masalah tersebut melakukannya dengan disiplin menurut hukum Allah.


Ayat tersebut juga memperingatkan kita untuk berjaga-jaga terhadap keinginan seseorang. Oleh karena itu, kita tidak boleh mudah tertipu oleh orang lain, sehingga kita tidak akan dibodohi hingga meninggalkan hukum Allah. Setiap orang harus waspada dan selalu menerapkan hukum-Nya dalam pendamaian masalah.


Ayat ini juga mengingatkan kita akan segala tingkah laku yang buruk atau dosa yang dilakukan. Allah menyatakan bahwa mereka yang melanggar hukum-Nya akan mendapat siksa atau musibah dari-Nya. Oleh karena itu, kita diharapkan untuk memahami hukum Allah dan melakukannya sesuai ketentuan-Nya. Dengan kata lain, antidosilah dengan teliti dan ikut serta dalam penyelesaian masalah sesuai hukum Allah.


Kesimpulannya, kita semua harus mengikuti perintah Allah dan tidak bodoh karenanya—demikian yang disabdakan dalam Surat Al-Ma'idah ayat 49. Kita harus memutuskan setiap masalah yang ada menurut hukum-Nya, waspada terhadap keinginan orang lain, dan menghindari dosa demi menghindari musibah yang ditimbulkan oleh ayat ini. Dengan ini, kita akan mampu menerapkan sunnah Allah demi kemakmuran hidup di dunia dan akhirat.