Surah Al-Ma'idah Ayat 20 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah ayat 20 merupakan salah satu ayat dalam Al-Quran yang berkenaan dengan kisah Nabi Musa AS. Ini adalah kisah tentang bagaima...

Surah Al-Ma'idah Ayat 20

Surah Al-Ma'idah ayat 20 merupakan salah satu ayat dalam Al-Quran yang berkenaan dengan kisah Nabi Musa AS. Ini adalah kisah tentang bagaimana Nabi Musa AS mengingatkan kaumnya akan nikmat Allah Yang Maha Kuasa yang Dia berikan kepada mereka. Dalam ayat tersebut, Allah berfirman bahwa Dia telah mengangkat nabi-nabi di antara mereka dan memberikan mereka kemerdekaan serta beberapa keutamaan yang belum pernah diberikan kepada seorang pun di antara umat-umat yang lain.


K Abu Sangkan, Nabi Musa AS adalah salah satu Nabi yang dikaruniai oleh Allah dan disembah oleh Bani Israil. Nabi Musa AS dikirim kepada mereka untuk membawa mereka dari dunia kesesatan dan kedurhakaan terhadap Allah yang menjanjikan pahala bagi orang-orang yang beriman dan mengamalkan ajaran agamanya. Nabi Musa AS mengajak manusia untuk bersedekah, mematuhi perintah Allah dan menjaga diri dari dosa. Di dalam ayat 20 surah Al-Ma'idah juga disebutkan bahwa Nabi Musa AS mengingatkan kaummu akan nikmat Allah yang telah Dia berikan, lalu Dia mengangkat nabi-nabi di antara mereka dan menjadikan mereka sebagai orang-orang merdeka.


Kemudian, Allah juga menjanjikan kepada mereka beberapa keutamaan yang belum pernah diberikan kepada seorang pun di antara umat-umat yang lain. Allah memberikan mereka kenikmatan di dunia dan di akhirat, kebebasan dan kemerdekaan, dan berbagai macam berkah lainnya. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa Allah telah menjadikan umat Musa AS berbeda dengan umat-umat yang lain karena mereka telah menerima nikmat dari Allah yang tidak diberikan kepada siapapun.


Nikmat Allah bukanlah sesuatu yang mudah diperoleh dan perlu dihargai. Oleh karena itu, Nabi Musa AS merupakan nabi yang memegang peranan penting dalam kisah Allah Yang Maha Kuasa karena dia telah mengingatkan umatnya akan nikmat-nikmat tersebut. Ayat Al-Ma'idah 20 menunjukkan bahwa Nabi Musa AS telah berhasil mengajak kaumnya untuk bertaqwa kepada Allah dan mengingatkan akan nikmat yang Allah berikan kepada mereka. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa Nabi Musa AS adalah salah satu nabi yang bertugas untuk mengingatkan manusia tentang Maha Penciptaan Allah dan segala rahmat-Nya.