Surah Al-Ma'idah Ayat 13 - QuranWeb

terms: Surah Al-Ma'idah adalah surah kelima dalam Al-Quran dan salah satu ayatnya berbicara tentang janji yang diberikan oleh mereka yang tidak men...

Surah Al-Ma'idah Ayat 13

Surah Al-Ma'idah adalah surah kelima dalam Al-Quran dan salah satu ayatnya berbicara tentang janji yang diberikan oleh mereka yang tidak menepati janji yang telah dibuat. Dalam ayat tersebut Allah menceritakan tentang bagaimana mereka yang melanggar janjinya. Akibatnya Allah pun "melaknat mereka dan menjadikan hati mereka keras membatu".


Konsekuensi dari melanggar janji ( perkataan ) tersebut adalah hati manusia menjadi keras dan tertutup. Hal ini didasari oleh kenyataan bahwa mereka yang mengkhianati janjinya lebih banyak asal permainan atau penipuan daripada berbuat baik. Oleh karena itu, Allah melarang hal tersebut dengan memberikan hukuman bagi mereka berupa laknat.


Dalam ayat tersebut juga dijelaskan tentang bagaimana mereka yang melanggar janji tersebut juga memodifikasi atau mengubah firman-firman Allah. Mereka menggunakan firman Allah untuk memenuhi kepentingan pribadi atau kelompok. Sehingga, dengan modifikasi ini mereka juga melupakan sebagian besar pesan yang telah disampaikan kepada mereka.


Ayat tersebut juga mengingatkan kepada para pembaca tentang bagaimana untuk memperlakukan mereka yang berbuat khianat. Di Ayat tersebut Allah menyuruh kita untuk berkata maaf kepada mereka dan biarkan mereka. Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik bahkan kepada orang-orang yang telah berbuat kesalahan.


Melalui ayat ini, kita juga diajarkan tentang pentingnya memegang teguh janji dan bersikap jujur agar terhindar dari melaknat Allah. Dengan menjaga janji membuat hati manusia menjadi terbuka untuk menerima petunjuk dan pesan-pesan dari Allah. Hal tersebut dimaksudkan agar kita bisa menjadi manusia yang berbuat baik dan menjadi orang-orang yang disukai oleh Allah.