Surah Al-An'am Ayat 70 - QuranWeb

terms: Surah Al-An'am ayat 70 adalah peringatan dari Allah SWT agar umat manusia berhati-hati dalam memilih agama dan pandangan hidupnya. Allah SWT...

Surah Al-An'am Ayat 70

Surah Al-An'am ayat 70 adalah peringatan dari Allah SWT agar umat manusia berhati-hati dalam memilih agama dan pandangan hidupnya. Allah SWT menggambarkan bahayanya orang-orang yang mengartikannya sebagai permainan dan senda gurau. Mereka tertipu oleh kehidupan dunia dan lupa akan janji dan favor yang Allah berikan padanya.


Dalam ayat ini Allah memberikan peringatan keras terkait hal ini, agar setiap orang tidak menjerumuskan dirinya ke neraka dan jangan mengikuti jalan orang-orang yang melakukan ini. Allah mengingatkan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat menyelamatkan seseorang dari azab kecuali Allah, dan jika orang itu ingin membayar segala macam biaya penebusannya, Allah tidak akan menerimanya. Anehnya, diam-diam orang yang melakukan ini juga tahu hal ini tapi mereka tetap melakukannya.


Karena sudah mempertaruhkan dirinya sendiri di neraka, maka mereka akan mendapat azab dari Allah SWT. Mereka tidak akan diberikan minuman yang sejuk dan lezat, melainkan minuman yang terbuat dari air mendidih dan jika digabung dengan azab pedih karena kekafiran mereka, maka orang yang melakukannya akan benar-benar diliputi oleh kecelakaan.


Inilah berita dari Allah SWT yang amat dikhawatirkan oleh hamba yang taat. Dengan ayat Al-An'am ini, Allah membuktikan bahwa mengikuti jalanNya adalah yang terbaik bagi umat manusia. Makna dari ayat ini bukanlah untuk malas menuntut ilmu atau berhenti mencari kebenaran melalui penelitian, tetapi untuk memperingatkan agar tidak asal-asalan dalam memilih agama dan pandangan hidup, sebab hal ini juga berdampak pada kehidupan hamba yang taat setelah mati. Oleh karena itu, setiap umat diperintahkan untuk selalu berpegang teguh pada hanya satu agama, yaitu agama Islam, yang berdasarkan kewajiban beribadah dan kepatuhan terhadap perintah Allah.