Surah An-Nisa' Ayat 9 - QuranWeb

terms: Surah An-Nisa’ merupakan surah keempat dari Al-Qur’an, yaitu salah satu jalan bagi orang yang ingin menjalin suatu hubungan yang dekat denga...

Surah An-Nisa' Ayat 9

Surah An-Nisa’ merupakan surah keempat dari Al-Qur’an, yaitu salah satu jalan bagi orang yang ingin menjalin suatu hubungan yang dekat dengan Tuhan. Surah An-Nisa’ berisi tentang bagaimana umat muslim harus menjaga dirinya dan memimpin kehidupannya menurut ajaran agama Islam. Salah satu ayat dalam surah ini adalah ayat 9 yang berbunyi "Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar."


Ayat ini memerintahkan kepada orang yang melihat dirinya sebagai orang yang kuat dan berani untuk memikirkan aboutkesejahteraan yang lemah di belakang mereka. Ayat ini menunjukkan bahwa orang yang kuat dan berani tidak hanya selalu beranggapan bahwa diri sendiri lebih penting dibandingkan orang lain. Para orang kuat ini harus mampu melihat kesulitan yang dialami oleh orang lain, sehingga mereka dapat membantu orang lain untuk meningkatkan taraf hidupnya.


Ayat ini juga menekankan pentingnya menghormati, taat, dan berbicara dengan tutur kata yang benar. Bagi umat muslim, berbicara dengan tutur kata yang benar adalah suatu bentuk hormat dan penghanudan kepada sesama. Melakukan ini akan membantu orang lain untuk mengurangi rasa benci dan suasana yang tidak nyaman. Jika orang lain mempunyai keterbatasan, maka orang yang berbicara dengan tutur kata yang benar membuat orang lain merasa dihargai, dan ini menghidupkan jiwa mereka sehingga mereka lebih mampu untuk menjadi lebih berguna.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa ayat ke 9 dalam Surah An-Nisa’ adalah suatu peringatan kepada semua orang yang kuat, berani dan mempunyai tanggung jawab, yang mohon kepada mereka untuk bertindak secara banyak dan berbicara dengan tutur kata yang benar. Perintah ini memberi pesan agar para pemimpin dan orang yang berkuasa untuk lebih perhatian terhadap kesejahteraan orang lain dan berbicara dengan tutur kata yang benar untuk membangun hubungan yang dekat, harmonis, serta menciptakan suasana yang lebih baik. Mungkin, dengan demikian, akan banyak orang yang akan berhasil menemukan jalan bagi kehidupan yang lebih baik.