Surah An-Nisa' Ayat 86 - QuranWeb

terms: Surah An-Nisa' adalah surah keempat di dalam Al-Quran. Ayat 86 dari surah An-Nisa' menyebutkan bahwa jika seseorang dihormati dengan salam p...

Surah An-Nisa' Ayat 86

Surah An-Nisa' adalah surah keempat di dalam Al-Quran. Ayat 86 dari surah An-Nisa' menyebutkan bahwa jika seseorang dihormati dengan salam penghormatan, maka seharusnya ia membalas dengan cara yang lebih baik atau membalas sepadan. Allah mengingatkan kita agar tidak melupakan pentingnya menghormati dan menjanjikan bahwa dia akan menghitung setiap ucapan dan tindakan kita.


Tentu saja kita harus berhati-hati dalam mengeluarkan sebuah salam penghormatan. Oleh karena itu, jika kita melakukannya, kita harus menyampaikannya dengan kehangatan, ketulusan, dan tulus ikhlas. Kita seperti menyerahkan sebuah hadiah kepada orang lain, tetapi kita harus yakin bahwa doa kita akan kita balas dengan lebih baik, sama seperti dijelaskan dalam ayat 86.


Kita harus belajar bagaimana menghormati satu sama lain dengan cara yang benar dan tulus ikhlas. Salah satu caranya adalah dengan menyapa dan menghormati orang lain dengan cara yang bijaksana dan tepat. Sebagai contoh, kita dapat menyapa orang lain dengan kata-kata yang menjadi patokan umum dalam bahasa. Hal ini menunjukkan bahwa kita peduli pada orang lain dan menghormatinya.


Selain itu, kita juga harus berhati-hati dalam berbicara. Jangan membuat komentar negatif tentang orang lain. Ingat bahwa setiap kata yang kita ucapkan akan merekam semua perkataan kita. Lembaga-lembaga sosial akan membenarkan sebuah penghormatan dengan memberikan jempol atas perilaku yang bertanggung jawab, jujur, dan bertanggung jawab sosial.


Kita harus mengingat hukum Allah dalam menghormati orang lain, yaitu, balas setiap salam penghormatan dengan yang lebih baik atau sepadan. Menghargai orang lain sebagaimana yang dianjurkan dalam ayat 86 Surah An-Nisa' akan meningkatkan penerimaan kita terhadap orang lain. Kita juga menjadi orang yang lebih bijaksana karena kita menghargai orang lain dengan tulus ikhlas.


Pada akhirnya, menghormati orang lain merupakan salah satu kewajiban kita karena Allah akan melacak segala tindakan dan ucapan kita. Allah berharap bahwa kita melakukannya, mengingat banyak pelajaran yang dapat kita pelajari dari ayat 86 Surah An-Nisa'. Dengan melepaskan salam penghormatan yang bijaksana, tepat, dan sopan, kita akan mendapatkan balasan yang lebih baik, dan Allah akan menghitung setiap perbuatan yang kita lakukan. Ingatlah, jangan pernah berhenti untuk berbagi cinta dan kasih sayang dengan orang lain. Semoga Allah melindungi kita semua. Ameen.