Surah An-Nisa' Ayat 70 - QuranWeb

terms: Surah An-Nisa merupakan surah keempat dalam Al-Quran, di mana ia memberi penjelasan tentang hukum-hukum syariah dan pengaturan masyarakat, t...

Surah An-Nisa' Ayat 70

Surah An-Nisa merupakan surah keempat dalam Al-Quran, di mana ia memberi penjelasan tentang hukum-hukum syariah dan pengaturan masyarakat, termasuk peraturan tentang ahli waris. Pada ayat ke-70 surah ini, Allah berfirman: “Yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan cukuplah Allah yang Maha Mengetahui.”


Maksud ayat ini adalah, bahwa semua fleksibilitas dan bentuk-bentuk dari hukum dan kesepakatan yang diajukan kepada kita adalah karunia dari Allah, dan Allahlah yang Maha Mengetahui tentang hal-hal yang paling baik untuk kita. Allahlah yang memberi kita kemampuan untuk mencapai tujuan kita melalui pengaturan yang diberikan-Nya.


Senada dengan ayat ini, surah An-Nisa juga menekankan bahwa kesabaran dan ketegasan harus direfleksikan ketika datang kepada keputusan. Hukum yang dipesan oleh Allah sudah mendasari segala aspek kehidupan manusia, termasuk hubungan sosial, di mana ia memerintahkan kepada kita untuk bersikap adil.


Terkadang kita akan mempertimbangkan hal-hal yang berbeda dari hukum atau akan tetap menggunakan hukum, terutama untuk hal-hal yang berhubungan dengan properti atau zakat, sebagaimana yang tercantum di surah An-Nisa. Ayat ini mengingatkan kita akan hal ini dan bahwa Allahlah yang mengetahui cara paling baik untuk mencapai keadilan.


Ayat di atas juga menyebutkan tentang karunia Allah. Selain kebijaksanaan untuk melakukan hukuman yang adil, karunia Allah juga dapat dijadikan sebagai petunjuk untuk mengetahui apa yang akan terbaik bagi manusia. Dengan cara ini, kita akan bisa melakukan yang terbaik yang ada pada kita, karena ketika kita mematuhi aturan Allah yang telah ditetapkan, maka kita akan mendapatkan karunia-Nya.


Ayat ini juga mengingatkan kita bahwa kita harus menggunakan tekad dan kesabaran kita dalam berurusan dengan masalah yang datang kepada kita. Dengan ini, kita akan dapat memastikan bahwa keadilan kita berdasarkan dari nilai-nilai yang ditetapkan oleh Allah.


Kesimpulannya, ayat di atas mengingatkan kita untuk bersabar ketika menghadapi segala bentuk situasi hukum. Dan itu adalah karunia Allah yang harus kita gunakan sebagai petunjuk dalam melaksanakan hukum-hukumNya. Hal ini juga mengingatkan kita bahwa Allahlah yang Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi semua makhlukNya.